AMD Akan Menggunakan Proses LP 12nm untuk Vega dan Ryzen di 2018

AMD

Share

Pada konferensi Global Foundries Technology, CTO AMD, Mark Papermaster mengumumkan bahwa perusahaannya akan menggunakan “produk grafik dan client” dari pemrosesan 14nm LPP FinFET menjadi 12nm LP pada 2018. Global Foundries juga mengumumkan bahwa produksi 12LP akan dimulai pada 1Q18.

Tom’s Hardware mengkonfirmasi langsung dengan Mark Papermaster bahwa AMD akan melakukan transisi pada GPU Vega dan Ryzen menjadi pemrosesan 12nm LP. Meskipun tidak dijelaskan bila pemrosesan 12nm LP hanya akan menjadi “pengecilan” dari Ryzen di 2018 (atau istilah “tick” pada Intel) ataukah bila Zen+/Zen 2 juga akan menggunakan pemrosesan 12LP. Sebelumnya AMD menyatakan bahwa Zen 2 akan menggunakan pemrosesan 7nm. AMD menggunakan kedua istilah “Zen+” dan “Zen 2” untuk menyebut die generasi selanjutnya milik mereka.

Zen

Tentu kita berharap bahwa Zen 7nm yang menjadi produk generasi selanjutnya dair AMD akan dapat berkompetisi dengan prosessor Intel Ice Lake yang menggunakan fabrikasi 10nm tahun depan. Tapi sepertinya AMD akan melawan teknologi fabrikasi 10nm Intel dengan fabrikasi 12nm LP miliknya.

Sebelumnya ada berita bahwa Raja Koduri menyurati tim dia bahwa mereka mengarapkan “gelombang produk berikutnya” pada awal 2018 yang menyiratkan bahwa mungkin saja adalah berita mengenai Vega dengan pemrosesan 12nm LP.

Arsitektur Volta milik Nvidia sudah dikirimkan untuk proses fabrikasi 12nm FFN milik TSMC tahun ini, jadi dari sisi GPU, Nvidia sepertinya sudah selangkah di depan untuk mengadopsi teknologi pemrosesan terbaru ini. Sudah pasti, dari sisi CPU kita memiliki Intel yang menjanjikan chip dengan pemrosesan 10 nm “sesungguhnya” tahun depan yang juga akan secara signifikan meningkatkan performa dan efisiensi daya dibandingkan dengan pemrosesan 12LP.

Sekali lagi, ini bukanlah hal yang baru mengingat Intel sudah sering berada selangkah di depan mengenai teknologi pemrosesan. Jikapun ada, perusahaan seperti Samsung/Global Foundries dan TSMC telah mengurangi jarak sedikit demi sedikit dengan mengadopsi struktur FinFET untuk transistor milik mereka. Transisi AMD yang relatif lebih cepat dalam mengadopsi pemrosesan 12nm LP pada prosessor mereka menjadi sangat vital untuk AMD berkompetisi dengan Coffee Lake milik Intel dan GPU Volta milik Nvidia.

Artikel Terkait: