top banner ulasan top banner ulasan

AMD Pinnacle Ridge, CPU 12nm Zen+ Hadir di Februari 2018

AMD Pinnacle Ridge

Sebuah bocoran roadmap AMD menunjukkan proses “tick” dari AMD, sebuah rencana untuk meningkatkan proses untuk Zen+ di 2018, serta aspirasi untuk Zen 2 di tahun 2019. Sekarang beberapa info baru diposting oleh DigiTimes yang bersumber langsung dari pembuat motherboard yang mengatakan bahwa peluncuran AMD Pinnacle Ridge akan hadir sekitar bulan February 2018.

AMD Pinnacle Ridge

Info ini sepertinya telah dikirimkan pada pembuat motherboard langsung dari AMD sendiri, sebagai pendahuluan untuk mereka mengenai apa yang para pembuat motherboard tersebut akan hadapi untuk produksi chipset generasi selanjutnya. Sumber menyatakan bahwa AMD akan mengikuti waktu peluncuran Ryzen Summit Ridge dengan rilis awal Pinnacle 7 di bulan Februari, diikuti dengan kelas menengah Pinnacle 5 dan kelas pemula Pinnacle 3 di bulan Maret 2018. DigiTimes juga melaporkan bahwa AMD berharap bahwa porsi pasar desktop CPU mereka kembali sekitar 30% pada setengah tahun pertama 2018.

AMD Pinnacle Ridge Roadmap

Informasi tersebut menjadi sangat penting bagi pembuat motherboard karena menurut DigiTime, hal ini membuat partner AMD untuk bersiap-siap untuk kehadiran peluncuran motherboard baru dengan chipset generasi selanjutnya seri 400 (tetap didesain oleh ASMedia). Motherboard berbasiskan X470 dan B450 diberitakan akan hadir duluan dengan pembuatan chipset akan meningkat secara drastis pada awal Januari 2018. Kita tidak harus khawatir untuk membeli motherboard baru untuk prosessor Ryzen baru yang telah ditingkatkan karena AMD telah berjanji bahwa AM4 akan bertahan hingga 2020, ketika teknologi terbaru seperti PCIe 4.0 dan DDR5 akan datang ke pasar.

AMD juga diperkirakan akan meluncurkan versi rendah daya dari prosessor Pinnacle Ridge pada April 2018, dengan versi enterprise Pinnacle Pro pada bulan May 2018. Sepertinya 2018 akan menjadi tahun yang sibuk lagi untuk AMD.

Artikel Terkait:

Share