AMD Ryzen 5 2500U APU dengan Grafis Vega Muncul di Geekbench

Ryzen 5 2500U

Share

Bulan Mei lalu, AMD meresmikan Ryzen Mobile yang mengindikasikan APU “Raven Ridge” akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2017 ini. Penampilan terakhir dari Raven Ridge adalah pada hasil skor benchmark Geekbench dimana sebuah APU Ryzen 5 2500U mendapatkan skor single core sebesar 3.561 dan skor multi core ebesar 9.421. Bisa dibilang hasil tersebut cukup mengesankan ditambah lagi mengingat chip Ryzen Mobile dilaporkan hanya menggunakan daya 50% lebih kecil dibandingkan prosessor Bristol Ridge. Berdasarkan skor tersebut, APU Raven Ridge berarti mengalahkan Bristol Ridge dengan menggunakan daya yang jauh lebih kecil, tentu perkembangan yang sangat menggembirakan.

AMD Ryzen 5 2500U

Sebelumnya, AMD telah mengklaim bahwa APU Ryzen Mobile (Raven Ridge) akan menawarkan peningkatan hingga 50% pada performa CPU dan 40% pada performa GPU dibandingkan dengan APU generasi ke-7 miliknya. Bocoran kali ini menunjukkan bahwa klaim tersebut terbukti (untuk sebagian besar bagian) dengan Ryzen 5 2500U mencatatkan skor sedikit di atas 36% lebih pada skor performa single core dan 48% pada skor performa multi-core dibandingkan dengan AMD APU A12-9800. Sebagian mungkin akibat adanya penambahan SMT pada processor sehingga menggandakan jumlah CPU thread menjadi 8 thread. Peningkatan performa dari Excavator menjadi Zen juga meningkatkan efisiensi daya. Yang mungkin menjadi hal yang paling mengagumkan dari processor ini adalah kecepatan yang lebih dibandingkan dengan quad-core APU (4 core / 4 thread) APU Bristol Ridge dengan hanya menggunakan sekitar setengah daya!

Benchmark Geekbench hanya salah satu data dari sekian banyak data yang bisa diambil, tapi tentu menjadi penanda yang baik. Data yang mungkin tidak terlihat adalah data boost frequency karena sepertinya 2.0 GHz sepertinya adalah base clock. Lebih jauh lagi, detail mengenai GPU berbasis Vega masih belum diketahui meskipun teknologi Infinity Fabric seharusnya membantu dalam mengurangi bottleneck dan terus memberikan GPU mengenai data gaming terutama ketika digabungkan dengan dual-memory yang cepat atau bahkan HBM. Tidak juga diberitahu data mengenai jumlah resmi dari stream processor yang akan dimasukkan pada Ryzen Mobile, yang pada rumor sebelumnya hingga 1.024 (meskipun mungkin hanya dimasukkan 512 atau 768 paling banyak untuk processor mobile). Klaim AMD mengenai peningkatan hingga 40% peningkatan performa GPU mungkin menandakan bahwa processor tersebut akan memiliki jumlah core GPU lebih banyak tentu peningkatan tersebut sebagian besar datang dari peningkatan arsitektur.

Artikel Terkait: