Arena of Valor untuk Switch Adalah Salah Satu Berita Terbesar Nintendo Direct


Share

Salah satu berita dari Nintendo Direct yang terjadi awal minggu ini adalah berita mengenai salah satu judul besar MOBA, Arena of Valor dari Tencent. Beberapa orang mungkin berpikir, “game ini terlihat seperti League of Legends dan Dota 2,” dan tidak memikirkannya lebih lanjut. Tetapi fakta bahwa Arena of Valor akan datang ke Switch adalah hal yang cukup besar.

Arena of Valor belum lama ini meluncur di Amerika Utara dibawah nama itu, tetapi game ini telah keluar di Cina selama dua tahun. Disana Arena of Valor dikenal dengan nama Honor of Kings (atau 王者荣耀), dan di seluruh dunia game ini dikenal dengan nama Strike of Kings atau Realm of Valor (atau sebelum ini Mobile Arena di Indonesia).

Tetapi nama mereka bukan bagian yang penting dari game ini, Arena of Valor memiliki jangkauan yang sangat luas. Honor of Kings saat ini adalah game terbesar di Cina dengan margin yang patut diakui. Game ini tersedia di Android and iOS dengan lebih dari 200 juta pemain di Cina, dengan 55 juta pemain aktif harian, dan menurut firma data mobile Jiguang di Cina, setengah dari pemain tersebut berusia dibawah 24 tahun. Karena Honor of Kings sangat populer, belum lama ini Tencent harus membatasi waktu bermain untuk para pemain dibawah umur 12 tahun menjadi hanya satu jam, sedangkan untuk para pemain diusia 12 hingga 18 tahun mereka dapat bermain sampai dengan dua jam.

Untuk lebih mengerti seberapa mengagumkan angka tersebut, League of Legends mempunyai 100 juta pemain aktif per bulan di seluruh dunia. Dota 2 saat ini mempunyai 12.5 juta pemain aktif per bulan. Seluruh game Grand Theft Auto telah terjual sebanyak 250 juta hingga November 2016, dan seluruh game Super Mario telah terjual sebanyak 310 juta unit hingga saat ini. Arena of Valor telah mencapai lebih dari setengah angka tersebut hanya dalam dua tahun di satu negara.

Ini adalah game yang sangat besar yang Nintendo baru saja umumkan akan datang ke Nintendo Switch. Arena of Valor akan dikeluarkan dalam beta ke Switch secepatnya, dan akan menjadi game free-to-play. Hanya beberapa game MOBA telah berhasil masuk ke konsol – seperti Smite dan Paragon – tetapi salah satu nama terbesar untuk MOBA akan datang ke platform Nintendo. Tidak ada indikasi apabila game ini akan melihat sukses, tetapi ini adalah tambahan yang menarik untuk Switch.

Artikel Terkait: