Delidding Threadripper: Epyc yang Menyamar, bisa saja ada CPU 32 Core untuk HEDT

Threadripper Delidding

Share

Hanya dibutuhkan seorang enthusiast yang memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk menampilkan potensi sesungguhnya dari produk AMD ini. Processor 16 core Ryzen Threadripper 1950X bisa dikatakan menjadi processor paling tangguh yang pernah ada saat artikel ini dibuat dan mungkin masih akan menjadi salah satu processor dengan kerdigayaannya yang telah menetap hingga cukup lama.

Delidding Threadripper

Intel, rival terbesar AMD, sedang bekerja mewujudkan CPU 18 core yang akan hadir pada tahun ini dan berharap menggeser perang CPU kembali lagi ke Intel. Tetapi sepertinya tidak akan mudah bagi Intel untuk mengalahkan Ryzen Theradripper jika sudah mengetahui info ini.

Delidding Threadripper

Sekali lagi, hanya dibutuhkan seorang enthusiast dan seribu dollar. Ya, berkat overclocker dunia terkemuka, der8bauer untuk meluangkan waktunya dan usahanya – dan seribu dollar tentunya – untuk melakukan delidding Threadripper. Jika kamu belum mengenal istilah delidding, delidding maksudnya adalah proses memisahkan penutup metal yang menutupi processor konsumer untuk menampilkan isi dari chip tersebut. Biasanya hal ini dilakukan oleh overclocker ekstreme untuk menampilkan die silikon, dalam kasus Threadriiper berisi beberapa die – untuk langsung mendinginkan sirkuit.

Dalam kasus ini, der8bauer melakukan lebih dari hanya delidding pada umumnya, dengan segala niat dan tujuan, ia melakukan sebuah otopsi professional. Setelah melepaskan metal lid, ia memperlihatkan setiap die Threadripper dan mengampelas lapisan tembaga hingga silikon terlihat penuh.

Dengan hal ini, der8auer mengkonfirmasi bahwa AMD menggunakan 4 Ryzen die untuk menghasilkan sebuah chip Threadripper. Jika kamu berpikir-pikir, mungkin terdengar familiar, karena memang familiar. Processor server AMD EPYC dibuat dengan cara yang sama dengan empat Ryzen die.

Aritnya apa? Ini berarti AMD mungkin saja bisa memproduksi dan meluncurkan sebuah processor desktop dengan 32 core. der8bauer melangkah lebih jauh lagi bahwa mungkin ini alasan AMD menggunakan 4 die di dalamnya, karena mungkin saja AMD telah memiliki rencana untuk meluncurkan processor desktop 32 core.

Sekali lagi, mungkin terdengar familiar, dan sekali lagi memang terdengar familiar. Sebelum Threadripper diluncurkan, berdasarkan spesifikasi dari socket TR4, AMD memiliki pilihan dan kemampuan untuk menciptakan produk ini. Sekarang pertanyaannya, kapan AMD akan meluncurkannya?

Artikel Terkait: