Firefox Quantum, Versi Terbaru dari Mozilla yang Super Cepat

Mozilla Firefox Quantum

Mozilla mengumumkan versi terbaru dari perambah Firefox, yaitu Firefox 57. Peningkatan yang dilakukan dibelakang layar sangatlah luar biasa, kata Mozilla, serta peningkatan performa dibandingkan rilis Firefox sebelumnya sangatlah jauh. Oleh karena itu rilis Firefox terkahir ini (Firefox 57) diberikan julukan “Firefox Quantum” oleh Mozilla.

Mozilla Firefox Quantum

Mozilla mengatakan bahwa perambah baru mereka, Firefox Quantum, menghantarkan skor 2 kali lipat pada Speedometer dibandingkan dengan FIrefox 56. Perambah baru yang telah diasah ini tidak hadir begitu saja. Telah melalaui berbagai macam peningkatan di belakang latar melalui prinsip Goldilocks dalam mendesain perambah tersebut dan menyeimbangkan antara peningkatan performa dengan penggunaan memory. Multi-proses dan memory yang telah teroptimisasi adalah sebagian kecil dari rahasianya, CSS engine yang ditulis dalam Rust menjadi salah satu rahasia lainnya. Memprioritaskan dalam membuka tab juga membantu meningkatkan kecepatan dan (Mozilla berkata) mengurangi penggunaan memory hingga 30% dibandingkan dengan Chrome.

Baca Juga:  Fingerprint di Bawah Layar Semakin Dekat, Samsung sudah Memiliki Paten Pendukungnya

Dalam beberapa bulan terakhir, tim Mozilla telah menyelesaikan lebih dari 468 titik bottleneck performa dari perambah yang telah terdeteksi oleh Mozilla, yang meningkatkan performa dan kelancaran Firefox. Bottleneck tersebut dari yang hanya sekedar peningkatan kecil hingga bottleneck besar. Ada sebuah lapisan baru dan minimalis yang menyelimuti tampilan Firefox, yang mengingatkan project Photon dari Mozilla yang bertujuan untuk memberikan Firefox sebuah tampilan yang lebih bersih. Mereka juga memperkenalkan tabs mengkotak baru, animasi yang mulus, dan sebuah “Library” yang menghadirkan akses cepat untuk semua hal yang kalian simpan seperti: bookmarks, Pocket, history, download, tabs, dan screenshots.

Baca Juga:  Soulcalibur 6 Mengantarkan 10 Menit Gameplay Dari PlayStation Experience

Mozilla telah mengupload sebuah video membandingkan dua browser terpopuler – perambah terbaru milik mereka, Firefox Quantum dan Chrome. Sudah tentu ada beberapa web-pages yang lebih diunggulkan Mozilla pada video tersebut.

Baca Juga:  Hilangnya Dukungan SLI pada Nvidia Titan V, Pertanda Akhir dari Teknologi Multi GPU?

Firefox Quantum akan hadir untuk diunduh pada 14 November 2017. Untuk kalian yang ingin selangkah lebih dulu dibanding yang lain, kalian dapat mendownload versi betanya sekarang langsung dari Mozilla. Sudah tentu versi beta berarti ada beberapa kendala yang akan dihadapi penggunanya terutama dari dukungan extension.

Artikel Terkait:

Share