Fortnite: Battle Royale Memicu Rasa Kesal Tim PUBG


Share

Minggu lalu, Epic Games mengumumkan variasi battle royale untuk Fortnite yang terinspirasi dari PUBG akan dirilis secara gratis pada konsol dan PC minggu ini. Bluehole, pengembang dari PUBG, tidak senang dengan perkembangan ini. Mereka selama ini menggunakan Unreal Engine milik Epic untuk menjalankan early access PUBG, dan press release dari Blue Hole mengisyaratkan bahwa mereka memikirkan “tindakan lebih lanjut.”

“Kami mempunyai hubungan yang berkelanjutan dengan Epic Games melalui pengembangan PUBG karena mereka adalah pencipta dari UE4, mesin yang kami gunakan untuk game ini,” ujar Chang Han Kim dari Bluehole melalui press release mereka. “Kami terus mendapatkan umpan balik dari komunitas kami, dan setelah kami mengulas gameplay mereka sendiri, kami khawatir bahwa Fortnite mungkin mereplikasi pengalaman yang orang asosiasikan dengan PUBG.

“Kami juga melihat bahwa Epic Games mengacu pada PUBG untuk promosi Fortnite di komunitas mereka dan juga pada pers,” lanjut Chang Han Kim. “Mereka tidak pernah mendiskusikan ini dengan kami dan menurut kami ini tidak benar.”

Pada trailer untuk Fortnite: Battle Royale, Donald Mustard dari Epic berkata, “Epic adalah fans besar dari aliran battle royale, dan game seperti PUBG dan H1Z1.” Pada blog post dimana mereka mengumumkan hal ini, dibawah byline “The Fortnite Team”, Epic menulis, “Kami menyukai game Battle Royale seperti PUBG dan sepertinya Fortnite akan menjadi fondasi yang bagus untuk versi kami sendiri.”

Sebelum Playerunknown’s Battlegrounds dirilis awal tahun ini, Brendan Greene, pencipta game ini, berkonsultasi pada mode battle royale H1Z1, yang lalu di spin off menjadi H1Z1: King of the Kill, dan membuat mods battle royale untuk military sim ARMA.

Press release mereka mengutip Reddit AMA dengan Greene, dimana ia menjawab pertanyaan mengenai penerbit lain memasuki pasar ini, “Perusahaan lain tentu saja akan memasuki pasar ini, tetapi saya berharap bahwa mereka akan memasukkan sesuatu yang berbeda pada mode game mereka dan tidak menyalin game kami sepenuhnya!”

Meski begitu, Chang Han Kim mengatakan bahwa kedua produk ini terlalu mirip. “Komunitas PUBG telah dan terus memberikan bukti persamaan dan kami memikirkan untuk mengambil tindakan lebih lanjut.”

 

Artikel Terkait: