Google Membeli Sebagian dari Tim Smartphone HTC Seharga 1,1 Miliar Dollar


Share

Google sekali lagi melakukan pembelian besar pada hardware smartphone – atau setidaknya kepada orang yang membuatnya. Google baru saja mengkonfirmasi bahwa mereka berencana untuk mengakuisisi sebagian dari divisi mobile HTC sebesar $1,1 miliar. “Mereka, sesama Googler adalah orang yang luar biasa dan kami telah bekerja dengan erat untuk menghadirkan lini smartphone Pixel, dan kita sangat bersemangat untuk melihat apa yang dapat kita kerjakan sebagai sebuah tim,” kata Rick Oserloh, bos hardware Google di postingan blognya. “Perjanjian ini juga termasuk mengenai lisensi non-ekslusif untuk hak kekayaan intelektual HTC.”

Peter Shen, CFO dari HTC berkata bahwa mereka akan tetap mempekerjakan lebih dari 2000 peneliti dan staf desain setelah perjanjian ini dibuat yang berarti turun dari sebelumnya 4.000 orang, berdasarkan New York Times. Menjadikan hal ini sebagai cara untuk mendapatkan talen dibandingkan dengan cara tradisional seperti mengakuisisi sumber daya.

HTC akan tetap terus berjalan dengan bisnis smartphone miliknya meskipun telah mengirimkan sebagian besar dari talent dan pengoperasian mereka ke Google. CEO HTC, Cher Wang berkata bahwa kesepakatan ini akan “memastikan keberlangsungan inovasi pada produk smartphone dan bisnis Virtual Reality Vive.” Faktanya, Press Release HTC mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut sudah “mempersiapkan secara aktif” untuk smartphone flagship mereka selanjutnya.

Ini menjadi kedua kalinya bagi Google dalam melakukan pembelian yang besar yang berhubungan dengan manufaktur smartphone. Enam tahun yang lalu, Google mengumumkan pembelian Motorola Mobility seharga $12,5 miliar. “Bersama, kita akan menciptakan pengalaman pengguna yang akan melesatkan keseluruhan ekosistem Android bagi kepentingan konsumen, partner, dan pengembang dimanapun,”kata CEO Google pada saat itu, Larry Page.

Artikel Terkait: