top banner ulasan top banner ulasan

Intel Berencana untuk Meluncurkan CPU 8 core 16 pada Semester 2 Tahun 2018

Intel Roadmap Coffe Lake Ice Lake

Detail tersebut datang dari Eurocom, sebuah manufaktur terkenal untuk laptop high-end dan workstation yang didesain untuk mobile tapi tetap dapat diupgrade. Seorang representatif perusahaan mengumumkan dalam forum review Note book bahwa mereka akan mengupdate laptop Tornado F5 mereka dengan chipset Z390 yang mampu mendukung processor Intel 8 core 16 thread yang akan hadir pada semester kedua tahun 2018. Representatif tersebut juga menyebutkan bahwa Tornado F7 juga akan menerima update tapi perusahaan tersebut belum berencana untuk melakukan update seri Tornado mereka menjadi chipset Z370 yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Eurocom Intel Z390

Ada beberapa hal yang menarik di sini. Pertama, kita akhirnya tahu bahwa Intel benar-benar akan menawarkan prosessor dengan 8 core dan 16 thread pada platform mainstreamnya. Hal ini tentu akan menawarkan peningkatan dibandingkan processor Coffee lake 6 core dan 4 core yang akan hadir pada tahun 2017 ini. Tentu harus disebutkan bahwa Coffee Lake menggunakan arsitektur yang sama dengan Kaby Lake sehingga processor pada Z390 akan menggunakan arsitektur berbeda.

Kehadiran arsitektur ini mendukung pernyataan Intel yang telah menyatakan bahwa processor Ice Lake, generasi kedua dari processor berarsitektur 10nm akan diproduksi pada tahun 2018. Sepertinya chip 8 core mendatang akan berbasiskan Ice Lake dengan pemrosesan terbaru 10nm. Melihat dukungannya, Chipset Intel Z390 dikonfirmasi akan membawa prosessor dengan core lebih banyak.

Berdasarkan detail roadmap, dapat dilihat bahwa peluncuran Coffee Lake berlangsung pada akhir Q3 atau awal Q4 (sama dengan Coffee Lake) sehingga memberikan manufaktur motherboard waktu yang cukup untuk mengoptimalkan produk milik mereka. Pertanyaannya adalah apakah platform Z370 akan digantikan seluruhnya ataukah CPU terbaru tersebut akan kompatibel dengan Z370 dan motherboard seri-300 lainnya. Untuk sekarang kita akhirnya tahu bahwa Intel akan memiliki produk yang dapat bersaing langsung dengan prosessor Ryzen 7 pada 2H 2018, tapi tentu saja bukan berarti AMD akan tetap berdiam diri di 2018. Akhirnya kompetisi kembali menyala lagi di sektor CPU dan sebagai konsumen tentu kita tidak sabar untuk melihat produk konsumer lainnya di tahun 2018 mendatang.

Artikel Terkait:

Share