Intel Menunda CPU 10 nm Cannon Lake hingga Akhir 2018

Cannon Lake

Meskipun baru saja mengkonfirmasi bahwa chip 10nm pertama milik Intel akan dapat ditemukan pada PC pada akhir tahun ini, Intel mengatakan bahwa mereka menunda kehadiran Cannon Lake untuk ketiga kalinya, dengan chip tersebut akan hadir pada akhir 2018.

Tentu ini menjadi penundaan yang cukup lama hingga 1 tahun dibandingkan dengan jadwal yang Intel perlihatkan bahwa Cannon Lake akan hadir sebagai produk pertengahan 2017.

DigiTimes melaporkan bahwa penundaan ini mempengaruhi rencana banyak OEM, termasuk Apple yang dilaporkan untuk merilis perangkat dengan Cannon Lake pada awal tahun 2018. Beberapa manufaktur berkata bahwa mereka bahkan mempertimbangkan untuk melewati prosessor 10nm ini dan langsung mengadopsi suksessornya dengan kode nama “Ice Lake” yang akan dibuat dengan proses manufaktur 10nm+.

Intel mengkalim bahwa Ice Lake akan menawarkan “performa dan responsivitas luar biasa”, yang akan hadir setelah peluncuran Cannon Lake. Tapi sepertinya peluncuran Ice Lake akan turut ditunda mengingat penundaan prosessor ini.

Intel tidak berkata banyak mengenai CPU yang akan hadir, tapi mereka dilaporkan akan memberikan performa 25% lebih dibandingkan prosessor 14nm Intel Kaby Lake, serta konsumsi daya lebih hemat 45%. Meskipun pembuat chip tersebut tidak berkata banyak mengenai prosessor ini.

Share