iPhone X Face ID Gagal: Itu adalah Fitur, Bukan Bug Menurut Apple

iPhone X

Share

Saat yang dinantikan akhirnya tiba pada event yang diadakan Apple pada hari Selasa (12 September 2017), iPhone X gagal. Saat dimunculkannya, sistem keamanan biometrik Face ID gagal dalam percobaannya yang pertama bahkan membutuhkan hingga tiga kali percobaan oleh Craig Federighi sehingga Face ID dapat membuka kunci ponsel tersebut. Tapi Apple berkata bahwa pengguna tidak perlu khawatir. Memang itu seharusnya terjadi, loh?

Saat Federighi memulai demo iPhone X, ia memulainya dengan sebuah iPhone yang masih terkunci. “Membukanya akan semudah melihatnya dan menggesernya ke atas,” kata Federighi, berharap secara ajaib ponsel tersebut akan terbuka dan mengundang pujian san sanjungan dari peserta event seperti saat Steve Jobs menggeser untuk membuka iPhone pertama. Kecuali hal ini tidaklah terjadi seperti itu.

Dalam percobaannya yang pertama, ponsel tersebut tidak meresponnya. Saat percobaan kedua, memunculkan layar pin dengan pesan,” Passcode diperlukan untuk memperbolehkan Face ID.” Hingga percobaan ketiga memaksa Federighi untuk mengambil iPhone X cadangan dan mengusapkan keringat dari alisnya hingga akhirnya iPhone X terbuka.

Secara natural, kegagalan ini menjadi viral di media sosial serta membuat orang mempertanyakan keakuratan dari metode pembukaan terbaru Apple ini. Sepertinya Apple sudah merasa cukup dengan hal ini, sehingga meresponnya dengan pernyataan berikut , seperti yang dilaporkan oleh David Pogue dari Yahoo:

“Orang yang mempersiapkan perangkat pada saat demo panggung sebelumnya tidak menyadari bahwa Face ID berusaha untuk mengautentifikasi muka mereka. Setelah gagal beberapa kali, karena mereka bukan Craig (Federighi), iPhone melakukan apa yang didesain, yaitu membutuhkan passcode.”

Oke, sepertinya hal itu masuk akal.
Apple juga sepertinya berusaha untuk menegaskan bahwa Face ID akan bekerja saat tidak berada pada panggung besar. Dalam balasan email kepada pengguna Keith Krimbel, Federighi memastikan bahwa Face ID akan dapat bekerja dengan baik meskipun saat menggunakan sunglasses: “Sebagian besar sunglasses akan bisa meneruskan cahaya IR yang Face ID perlukan untuk melihat matamu meskipun kacamata tersebut gelap. Face ID sangatlah mengesankan!”

Federighi juga mengkonfirmasi bahwa Face ID tidak akan membuka kunci ponsel saat pengguna tidak melihat secara langsung ke layar dan berbagi pesan berikut: “jika kamu menggenggam tombol di kedua sisi ponsel ketika menyerahkannya ke orang, hal tersebut akan mematikan Face ID secara sementara.”

Tapi pertanyaan masih tetap ada mengenai jika Face ID akan secepat dan tidak mudah ditipu seperti klaim Apple. Apple mungkin berhasil memberikan penjelasan mengenai hal yang terjadi tapi yang sudah terjadi tetaplah sudah terjadi dan banyak orang sudah melihat headline, “FACE ID GAGAL”. Meskipun mungkin tidak akan mempengaruhi penjualan perangkat $999 ini terlalu banyak, tapi tetap saja Face ID akan menjadi hal yang akan dikritik pada iPhone X, sehingga mungkin akan membuat Apple menyesal tidak menyediakan Touch ID pada perangkat ini.

Artikel Terkait: