Kabel HDMI untuk Gamers? Dengan Fitur Anti-Aliasing tanpa Pengaruh Performa?

Marseille mGaming HDMI

Share

Marseille memperkenalkan kabel HDMI yang mereka sebut mCable Gaming Edition, kabel yang dijanjikan mampu menyelesaikan masalah aliasing pada proses 3D rendering, terutama dalam bermain game. Mungkin ini terdengar seperti penipuan seperti kabel HDMI yang menggunakan logam mulia seperti emas atau perak untuk meningkatkan kualitas transmisi. Dalam bahasa marketing mungkin terdengar agak berbeda sehingga membekas di pikiran banyak orang. Tapi Marseille berkata bahwa produk mereka mCable menyediakan “Contextual anti-aliasing, adaptive resolution saling, dan dukungan frame rate tinggi (hingga 120 FPS @1080p) dengan lag sub-1 ms.”

Marseille mGaming HDMI

Namun tampaknya hal itu bisa dicapai karena Marseille mCable membenamkan sebuah co-processor yang berfungsi untuk menjalankan algoritma post-process anti-aliasing kepada gambar sebelum ditampilkan pada layar. Dan mereka mengklaim proses tersebut tidak membebani kerja kartu grafik. Tentu ini mungkin bukan pilihan utama bagi pengguna PC, karena kita memiliki akses untuk beberapa metode post-process AA seperti FXAA yang berarti dampak performa tidak menjadi sebuah masalah. Tapi coba pikirkan apa yang kabel ini perbuat bagi game Xbox 360 yang sekarang dapat dimainkan di Xbox One. Masih ingat tentang tepian objek yang “berkotak-kotak? Jika memang benar kabel ini dapat menyampaikan apa yang ditawarkan, tentu bisa menjadi alternatif bagus lainnya.

Tentu saja, banyak yang skeptis bahwa perangkat kecil ini dapat memberikan Anti-Aliasing gratis melalui HDMI. Bagian yang paling menarik adalah Ken Addison dari PC Perspective dan Linus Tech Tips juga berpikir seperti itu hingga mereka menggunakan Marseille mCable. Konektornya memang secara spesifik memberitahu bagian sumber (komponen yang memberikan gambar) dan bagian output (komponen yang menampilkan gambar) karena memang pada bagian output adalah bagian pemrosesannya. Ken Addison menguji kabel tersebut dengan game Hitman, Rise of the Tomb Rider, dan pemroses Unreal Tournament 2004. Semua tes tersebut menunjukkan terdapat proses Anti-Aliasing yang bekerja di sana dengan menggunakan Marseille mCable dibandingkan dengan kabel HDMI biasa. Seperti biasa, mereka menguji bahwa tidak terdapat tambahan lag akibat pemrosesan gambar. mCable juga membutuhkan koneksi USB sebagai daya tambahan.

Marseille mGaming HDMI

Ken menguji kabel tersebut pada lingkungan terbaik (baca: PC) dimana ia dapat mengendalikan bila AA sedang diuji ataupun tidak. Ini adalah cara terhebat untuk menguji klaim Marseille; ini adalah cara perusahan memasarkan mCable: kabel tersebut akan berperforma baik bila dipasangkan dengan konsol; terutama game yang dirender dalam resolusi 720p atau dibawah 1080p. Anti-Aliasing gratis untuk menghilangkan tepi yang “berkotak-kotak”? Sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Marseille mCable dijual seharga $119 untuk versi 30 cm sedangkan versi 182 cm dan 274 cm dijual seharga $129 dan $139.

Artikel Terkait: