Lenovo Membayar Ganti Rugi $3,5 Juta untuk Preinstall Adware Superfish di Produk Miliknya

Lenovo

Akhirnya Lenovo harus membayar ganti rugi tentang skandal adware Superfish pada produk miliknya. Sebuah koalisi dari 32 pengacara negara bagian menumumkan untuk ganti rugi sebesar $3,5 Juta kepada pembuat PC tentang program adware tersebut.

Program yang diinstal pada laptop Lenovo yang diproduksi antara bulan September 2014 dan Januari 2015, Superfish menyematkan iklan pop-up menuju website tertentu dengan menggunakan sertifikat tingkat root untuk menyisipkan iklan bahkan pada website yang telah dienkripsi. Hasilnya adalah penipuan yang berbahaya terhadap enkripsi web sehingga membuka sistem terhadap hacker pihak ketiga untuk melakukan bypas HTTPS pada mesin yang terkena.

Baca Juga:  One Piece: World Seeker Diumumkan Untuk Rilis Tahun Depan

“TIdak seorang konsumenpun harus khawatir terhadap software yang akan membuat mereka terpapar dengan hacker,” kata Jaksa Umum New York, Eric Schneiderman. “Hasil ini akan mengubah kebijakan Lenovo serta prosedur untuk mencegah hal yang sama terulang lagi.”

Baca Juga:  Fez Pocket Edition Sekarang Tersedia Untuk iOS

Hasil tingkat negara bagian ini muncul hanya sehari setelah pernyataan Federal Trade Comission mengenai komitmen Lenovo untuk memberikan pengguna pemberitahuan yang jelas serta memerlukan kesediaan pengguna untuk setiap software preinstall di masa depan. Lenovo juga berkomitmen untuk secara rutin memberlakukan audit keamanan terhadap software preinstall milik mereka.

Baca Juga:  Star Wars Battlefront 2: The Last Jedi Sekarang Tersedia

Artikel Terkait:

Share