Microsoft Mengakui Masalah Performa Game pada Update Windows 10 Creators

Fall Creators Update

Share

Microsoft pada awalnya menggembar-gemborkan tentang Game Mode yang merupakan sebuah fitur windows yang diluncurkan pada versi Windows 10 Creators. Game Mode adalah salah satu fitur pada update terakhir yang seharusnya memberikan performa tambahan dalam gaming atau aplikasi 3D full-screen lainnya dengan cara mengalokasikan sumber daya lebih CPU dan GPU kepada aplikasi secara spesifik. CPU spesifik (dengan cara mengurangi proses non-krusial) dan peningkatan GPU (melalui prioritas alokasi memory yang berhubungan dengan game) membuat fitur ini seharusnya memberikan peningkatan performa.

Tetapi, ternyata sekali lagi fitur tersebut terlalu bagus untuk terjadi, banyak pengguna langsung membuat laporan mengenai masalah performa seperti terjadi stuttering dan frame-rate yang menurun pada versi terakhir Windows – masalah ini tidak terjadi sebelum Update Creators. Akhirnya Microsoft secara resmi mengakui bahwa memang terdapat masalah di mana gamers dapat mengalami masalah frame-rate dan stuttering dan telah diberikan update utnuk memperbaiki masalah ini dengan update terakhir di fast-ring dengan build 16273 ke atas. Tapi ternyata, update ini hanya memperbaiki salah satu dari sumber masalah yang dilaporkan.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mematikan fitur Xbox Game DVR akan menghilangkan masalah ini, tapi hal ini tidak berlaku untuk semua pengguna. Sepertinya masalah terletak pada interface Game Mode dan Interface Xbox pada Windows 10 Creators Update. Terlihat paradox memang: disaat Microsoft memperkenalkan optimisasi CPU dan GPU untuk aplikasi full-screen, mereka memperkenalkan tambahan layer di atas aplikasi 3D dengan menambahkan fungsi tambahan berbasis Xbox (seperti kemampuan DVR). Besar kemungkinannya, hal inilah yang menyebabkan masalah performa. Tentu kita tunggu apakah permasalahan performa ini akan diselesaikan pada update windows Fall Creators.

Artikel Terkait: