Scaling AMD CrossFire X Buruk Bila Menggunakan Kartu RX Vega Berbeda

CrossFire X

AMD akhirnya memperkenalkan dukungan multi GPU untuk RX Vega dengan driver beta Crimson ReLive 17.9.2 yang sekarang disebut CrossFire X. VSG dari TechPowerUp mencoba kombinasi RX Vega 64 dan RX Vega 56. Tentu yang perlu diingat driver ini masih dalam tahap beta sehingga masih ada pengembangan hingga akhirnya bisa dirilis untuk konsumsi publik. Meskipun begitu, driver ini datang dengan pengumuman dari AMD dan hasil internal mereka menunjukkan hasil yang bagus dan menunjukkan hasil scaling yang bagus pada banyak permainan.

Driver ini memungkinkan CrossFire pada kombinasi dua Vega 10 SKU dan pada saat VSG melakukan pengujian pada beberapa game melalui benchmark pada metodologi mereka. Dengan test dilakukan pada resolusi 4K untuk mengurangi adanya bottleneck CPU, serta game yang diuji adalah beberapa game terpopuler saat ini termasuk beberapa yang AMD gunakan pada saat pengumuman.

CrossFireX

Dengan menggunakan CrossFire pada GPU yang berbasiskan die yang sama dalam satu keluarga dengan perbedaan berupa jumlah shader yang selama ini AMD lakukan untuk beberapa generasi terakhir. Tapi ternyata hasil yang ditampilkan cukup mengejutkan. Berdasarkan grafik di atas, sebagian besar game tidak hanya menunjukkan scaling yang buruk relatif terhadap RX Vega 64, tapi juga menunjukkan scaling negatif yang artinya lebih buruk dibandingkan dengan menggunakan 1 kartu grafik.

Artikel Terkait:

Share