Steam: Valve Menangani Masalah Review Bombing


Share

Dibalik kontroversi yang terjadi karena PewDiePie, Valve telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat beberapa perubahan ke Ulasan Pengguna pada Steam untuk mengurangi masalah yang berhubungan dengan review bombing. Setelah ledakan kemarahan PewDiePie, pengembang Firewatch mengatakan bahwa mereka akan menerbitkan pemberitahuan kepada DMCA untuk menarik video Firewatch PewDiePie. Tidak semua orang senang dengan kabar ini, dan sekelompok orang melakukan review bombing untuk Firewatch di Steam; para pemain memasang banyak ulasan negatif di Steam untuk menurunkan skor keseluruhan dari ulasan.

Review bombing adalah suatu masalah, ucap Valve, karena mereka mengkritik game untuk alasan diluar dari game itu sendiri. “Ini mungkin terjadi karena mereka tidak senang akan apa yang pengembang katakan online, atau mengenai pilihan yang dibuat oleh pengembang untuk versi Steam dari game mereka dibandingkan dengan platform lain, atau sesuatu sesimpel mereka tidak menyukai keyakinan politik pengembang,” ujar Valve. “Banyak masalah yang tidak relevan dengan game itu ketika kita melihat nilai dari game nya tersendiri, tetapi juga beberapa alasan ini adalah alasan nyata mengenai kenapa pemain mungkin tidak senang dengan pembelian mereka.”

Valve menyatakan skor keseluruhan dari game yang telah di review-bombed secara umum kembali ke skor awal mereka. Pada kasus Firewatch, skor keseluruhan dari game ini adalah Very Positive walaupun skor ulasan terbaru bertanda Mixed, mencerminkan review bombing.

“Ini memberikan implikasi bahwa, walaupun review bomber tidak senang dengan keputusan yang dibuat oleh pengembang, orang-orang yang membeli produk ini setelah itu biasanya senang dengan game ini seperti pemain sebelumnya,” ucap Valve. “Untuk kasus dimana skor ulasan tidak kembali ke skor sebelumnya, kami percaya bahwa masalah dibalik review bomb benar-benar mempengaruhi kebahagiaan dari pembeli game setelah itu juga, dan hal ini tercermin pada ulasan biasa yang dipost oleh pembeli baru. Pada beberapa kasus review bomb, pengembang membuat perubahan sebagai jawaban mereka mengenai ketidakpuasan dari komunitas, dan pada kasus lainnya mereka tidak melakukan apa apa–tetapi sepertinya tidak ada korelasi yang kuat berdasarkan apa yang mereka lakukan dengan apa yang terjadi dengan skor ulasan setelah itu.”

Review bombing ini masalah serius, lanjut Valve, karena skor ulasan secara keseluruhan tidak mencerminkan secara akurat apabila para pemain benar-benar tertarik pada suatu game. Valve ingin “membetulkan” hal ini dan dengan cara dimana mereka tidak harus menghentikan pemain dari menyuarakan pendapat mereka yang sebenarnya.

Sebagai solusi, Valve mengatakan bahwa salah satu pilihan yang dapat mereka lakukan adalah menghapus skor ulasan secara keseluruhan, jadi pemain harus benar-benar membaca ulasan pemain lainnya. Setelah itu baru mereka bisa mengambil keputusan sendiri apabila masalah diluar game itu relevan. Tetapi, Valve tidak akan mengambil jalan ini. “Kami menambahkan skor karena permintaan dari pemain, dan permintaan untuk hal yang seperti itu kemungkinan besar masih akan ada, walaupun para pemain tahu ini tidak selalu akurat,” kata Valve.

Valve juga mempertimbangkan menutup ulasan untuk sementara, bisa dibilang mirip dengan bagaimana pasar saham dapat memblokir saham dari perdagangan ketika mereka mendeteksi masalah. Tetapi Valve juga tidak mau melakukan ini karena, “kami yakin bahwa ini masih akan berakhir dengan skor ulasan menurun setelah periode penutupan berakhir.” Selain itu Valve juga mempertimbangkan untuk mengganti cara mereka menghitung skor ulasan, dengan cara berfokus ke informasi yang lebih baru.

Tetapi Valve tidak akan menggunakan ide-ide tersebut. Valve memutuskan untuk lebih berfokus ke cara pengguna dapat membaca data ulasan dengan lebih teliti untuk membuat keputusan yang tepat.

“Mulai hari ini, setiap halaman game akan mempunyai histogram rasio positif negatif dimulai dari saat mereka rilis, dan dengan mengklik bagian manapun dari histogram kalian akan dapat membaca sampel ulasan dari periode waktu itu,” ucap Valve. “Sebagai calon pembeli, sangat mudah untuk melihat titik distorsi pada ulasan, untuk melihat kenapa distorsi ini terjadi, dan memutuskan untuk diri kalian sendiri apabila ini adalah sesuatu yang akan mempengaruhi keputusan kalian. Pendekatan ini memiliki keuntungan dimana kami tidak perlu untuk menghalangi siapapun untuk mengirim ulasan, tetapi tentunya hal ini akan menuntut usaha lebih dari calon pembeli.”

Valve mengakhiri post ini dengan mengatakan bahwa mereka belum menentukan apapun. Mungkin Valve akan kembali ke pendekatan lama untuk memberikan solusi yang lebih baik. Kalian dapat membaca blog post mereka disini.

Artikel Terkait: