top banner ulasan top banner ulasan

Ulas Monitor Gaming AGON AG271QG


Halo Sahabat Ulasan ID, kali ini Kita akan membahas monitor gaming AGON AG271QG. Bagi yang belum tahu, AGON adalah merek gaming dari AOC yang sudah dikenal sebagai salah satu produsen monitor terkemuka di dunia. Di dalam paket produk : Tentu ada monitor AGON AG271QG sendiri beserta Standingnya dan Adapternya. Ada kabel HDMI dan DisplayPort dalam paket penjualan jadi tinggal beli bisa langsung dicolok ke monitor. 1x Audio Cable, 1x USB 3.0 Type-B Upstream, CD Manual, dan VESA Mount. Sesuai namanya Monitor AGON AG271QG memiliki ukaran layar 27 inch dengan resolusi QHD atau 2560 x 1440 pixel dengan Panel IPS untuk sudut pandang hingga 178 derajat dari semua arah.

Mengingat AOC memasarkan monitor ini di bawah brand gaming AGON, tentu sudah ada beberapa fitur dasar yang harus ada di monitor gaming ini. Fitur yang tidak dimiliki oleh banyak monitor adalah kemampuan refresh rate hingga 165 Hz dan response time 4ms dan 1 ms untuk grey-to-grey. Yang membuat monitor AOG AG271QG responsif dan menambah pengalaman bermain menjadi lebih asyik Panel IPS yang dipasangkan pada monitor ini mampu memberikan akurasi warna 100% SRGB. AGON juga menyisipkan 2 speaker 2 watt pada bagian belakang.

Sudah cukup untuk spesifikasi monitornya, kita langsung aja ke desainnya. Di belakang monitor terdapat pegangan untuk mempermudah pemindahan monitor. AGON tetap menggunakan alur desain yang sama dengan monitor AGON AG352QCX yang sudah pernah Kita ulas sebelumnya. AGON menggunakan bahan dasar plastik yang berkualitas sebagai bezelnya dengan mempertahankan desain gamingnya, bisa dilihat pada desain belakangnya yang mencerminkan desain khas AGON berbentuk huruf V berwarna merah dengan logo AOC sebagai induk utama merek AGON. Kaki-kakinya terbuat dari metal membentuk huruf V sehingga keliatan kokoh dan juga tidak memakan space meja kita. Desain kakinya juga memungkinkan monitor ini untuk melakukan swivel dari -20 derajat hingga 20 derajat.

Desain ini mirip dengan AGON AG352QCX yang sudah Kita ulas sebelumnya, memiliki height adjustment hingga 130 mm dan bisa melakukan tilt dengan sudut -3,5 derajat hingga 21,5 derajat, untuk memberikan kebebasan bagi penggunanya dalam memilih posisi duduk sehingga membuat kalian nyaman beraktivitas dalam waktu yang lama. AGON juga tidak lupa memberikan angka pada pengaturan ketinggian dan tilt sehingga mempermudah kalian dalam mengatur monitor ini. Dan monitor ini bisa diputar hingga 90 derajat searah jarum jam, sangat bermanfaat jika kalian suka membaca forum atau coding jadi bisa menampilkan lebih banyak baris. AGON juga memberikan tempat untuk menaruh headset agar meja kalian terlihat lebih rapih.

Pada sisi belakang, terdapat port daya, DisplayPort, HDMI, Microphone Out, 1 USB 3.0 Upstream dan 2 USB 3.0 Downstream. Pada sisi kanan ada 2 USB 3.0 yang salah satunya bisa dipakai untuk fast charging gadget kamu. Ada lagi Earphone jack yang digabung dengan microphone, tambahan Microphone In, dan Headphone Hook. Microphone Out digunakan menyambungkan port microphone pada motherboard jadi kalian bisa menata kabel lebih rapi. Monitor ini memiliki 4 tombol yang bisa kalian gunakan untuk menyesuaikan monitor ini. Diantaranya ada :Tombol Power, Tombol Menu, Tombol Navigasi, Dan tombol Switch untuk merubah pengaturan input video dari HDMI atau DisplayPort. Untuk mengubah volume pada monitor ini kalian bisa tekan langsung tombol navigasi sebelah kiri.

Tampilan OSD dari Monitor AGON AG271QG bisa dibilang ringkas dan gampang dipahami. Ada 4 Menu utama di OSD, yaitu Luminance, Color Setup, OSD Setup, dan Extra. Di menu Luminance ada pengaturan Contrast, Brightness, Game Color, Shadow Control, Gamma dan Overdrive. Pengaturan Overdrive memungkinkan untuk mengatur response time monitor mulai dari Off, Light, Weak, Medium, dan Strong. Di menu Color Setup, kalian bisa mengatur pengaturan blue light bagi yang suka membaca dokumen agar mata lebih nyaman, di pengaturan Color Temperature ada 5 pengaturan dari Warm, Normal, Cool, sRGB, dan User.

Ada OSD Setup, untuk mengatur bahasa yang paling umum digunakan, dan yang pasti belum ada Bahasa Indonesia. Di pengaturan ini kalian bisa mengatur posisi serta timeout dari OSD. Ada juga break reminder yang akan memperingatkan jika kalian menggunakan monitor lebih dari 1 jam. Dan yang terakhir ada Menu Extra disini Agon menyembunyikan nilai jual utama pada monitor ini. Karena disini terdapat Menu OverClock. secara default monitor AGON “hanya” berjalan di 144 Hz, tapi setelah OverClock dinyalakan, kalian bisa menaikan refresh rate dari 150 Hz hingga 165 Hz. Kalau pengaturan monitor dan PC sudah benar, di bagian bawah OSD kalian bisa lihat Resolusinya 2560 x 1440 @ 165Hz. Ada tombol Reset untuk mengatur balik ke settingan awal pabrik

Akhirnya balik lagi, buat siapa sih monitor secanggih ini yang bisa menawarkan resolusi hingga 2560 x 1440 pixel dengan refresh rate 165 Hz dan response time 4 ms dan akurasi warna 100% sRGB Bisa dikatakan monitor ini bagi para creator di luar sana yang memanfaatkan monitor mereka untuk content production di siang hari dan gaming di malam hari. Tentu untuk mencapai frame rate 165 fps di resolusi QHD, kita membutuhkan GPU yang mumpuni juga. Mengingat harga monitor ini yang dijual dengan harga berkisar 12,5 juta rupiah, tentu hanya para Sultan yang membelinya. Ada juga versi yang mendukung Freesync dengan harga lebih murah dan spesifikasi lebih rendah, bisa di cek langsung ke website resmi AOC

Artikel Terkait:

Share