Windows 10 Fall Creators Update Akan Menambahkan Fitur Privacy Tambahan

Windows 10 Fall Creators Update

Masalah privacy telah menghantui Windows 10 sejak peluncurannya. Bukan lagi kejutan bahwa sistem operasi buatan Microsoft ini didesain untuk mengikat penggunanya untuk menggunakan layanan Microsoft dan pengguna tidak dapat menghentikan sistem operasi untuk mengirimkan data telemetri dasar ke Microsoft mengenai perangkat yang kalian gunakan. Tapi sepertinya Microsoft sudah bekerja keras untuk meredakan permasalahan ini dan pada Rabu kemarin (13 September 2017), mereka mengumumkan penginkatan pengaturan mengenai privacy yang akan datang pada Windows 10 Fall Creators Update pada bulan Oktober.

Baca Juga:  ASUS NovaGo (TP370): Windows 10 PC yang Menggunakan Prosessor Smartphone

Fall Creators Update

Creators Update musim semi ini memperkenalkan pengaturan yang lebih sederhana dan lebih terbatas pada proses pemasangan Windows. Fall Creators Update menyempurnakannya dengan membuat pernyataan privasi lengkap pada langkah pemasangan. Banyak orang yang tidak memperdulikan aspek legal tersebut, tapi untungnya Microsoft menyertakan tautan “Learn More” pada teks sehingga pengguna dapat langsung menuju ke pengaturan mengenai bagaimana Windows 10 menangani lokasi, diagnostik, pengalaman penggunaan, serta iklan.

Privacy

Microsoft juga membuat kendali per-app pada Windows 10 seperti pada Android dan iOS. Hingga sekarang, aplikasi pihak ketiga di WIndows Store hanya meminta otorisasi spesifik untuk mengakses data lokasi, sedangkan izin lainnya diberikan secara otomatis. Mulai dari Fall Creators Update, Windows 10 juga akan mulai meminta otorisasi langsung jika aplikasi ingin menggunakan kamera, mikrofon, kontak, kalender, dan potensi informasi sensitif lainnya.

Baca Juga:  Soulcalibur 6 Mengantarkan 10 Menit Gameplay Dari PlayStation Experience

Pengguna akan langsung dimintai izin setelah melakukan pembaruan Windwos 10 Fall Creators Update untuk aplikasi yang sudah terpasang. Untuk melihat pengaturan privasi, pengguna bisa memeriksanya pada Start > Settings > Privacy. Pengguna enterprise juga akan mendapatkan kendali lebih mengenai data analitis yang dikumpulkan.

Baca Juga:  AMD Memastikan Prosessor Ryzen Generasi ke-2 akan Debut di Q1-2018

Pengguna masih belum dapat mematikan secara penuh akses Microsoft terhadap data Windows 10, tapi sepertinya Microsoft akan mulai memperbaikinya selama selang waktu ke depan dan lebih transparan mengenai informasi yang dikumpulkan. Perubahan privasi tersebut hanya beberapa fitur baru terbaik dari Windwos 10 Fall Creators Update.

Artikel Terkait:

Share