Windows 10 Fall Creators Update dan Headset Mixed Reality Meluncur 17 Oktober 2017

Microsoft Windows 10 Fall Creators Update

Share

Microsoft mengumumkannya pada pameran IFA di Berlin pada Jumat kemarin bahwa Windows 10 Fall Creators Update meluncur pada 17 Oktober esok, dengan Headset Windows Mixed Reality menumpang peluncurannya.

Peluncuran ini agak terlambat dari yang seharusnya karena April lalu, Microsoft berkomitmen untuk melakukan update Windows 10 sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September.

Tidak ada fitur baru yang diumumkan oleh salah satu pimpinan Windows Terry Myerson pada event tersebut, mengingat banyak fitur telah bocor setelah banyak yang mencoba Windows 10 Fall Creators Update melalui Windows Insiders. Sepertinya update ini tidak akan terlalu menarik seperti yang diperkirakan karena fitur unggulan cross-device yang dicoba pada WIndows 10 Fall Creator bulan May tidak tersedia pada update kali ini.

Faktanya, fitur yang ditonjolkan pada Fall Creators Update bukanlah fitur software, melainkan hardware. Nersi terbaru Windows 10 akan membawa headset WIndows Mixed Reality sebagai perangkat yang akan didukung setelah perkenalannya pada musim Windwos 10 Spring Update.

Windows 10 3D View

Headset dari HP, Dell, Lenovo, Asus, dan Acer akan diluncurkan 17 Oktober beserta update software. Harga untuk headset Mixed Reality dimulai dari $299. Tidak diperlukan pengaturan yang sulit dengan kamera tambahan dan semuanya akan bekerja bersamaan dengan kendali Windows Mixed Reality yang diluncurkan bersamaan. Aer dan Dell sudah merencanakan bundling liburan yang meliputi headset dan sepasang controller. Dari segi software, Valve mengumumkan ketersediaan Stream VR pada perangkat Windows Mixed Reality.

Microsoft sepertinya berusaha sangat keras untuk menghadirkan Mixed Reality pada software mereka, setelah memperkenalkan Paint 3D pada awal tahun serta View 3D pada Fall Creators Update. Sehingga pengguna dapat melihat hasil 3D mereka menggunakan Mixed Reality pada layar perangkat jika telah dilengkapi dengan kamera.

Pengguna juga akan melihat fitur terbaru “My People” ketika Update tersebut selesai dipasang, My People memungkinkan pengguna untuk memilih tiga termain terbaik dan menambahkan ikon di taskbar sehingga memudahkan untuk menghubungi via Skype atau Email.

Artikel Terkait: