top banner ulasan top banner ulasan

Fungsi Monitor Komputer


Di jaman modern ini komputer merupakan salah satu perangkat yang sangat penting untuk beraktivitas dalam bekerja, belajar maupun bermain. Dalam beraktivitas didepan komputer pasti mata kita akan tertuju ke satu perangkat yang disebut monitor. Mungkin kalian sudah mengetahui salah satu perangkat yang dibutuhkan untuk melengkapi komputer kita, namun apakah kalian tahu kalau monitor itu memiliki beberapa kali perubahan dan perkembangan.

Secara singkat monitor merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi sebagai media output data yang dikelola secara grafis yang dihasilkan CPU dan GPU. Sebagian orang menyebut monitor komputer sebagai layar komputer.

Monitor akan menjadi perangkat yang sangat penting untuk menampilkan hasil yang diproses oleh CPU dan GPU yang diolah menjadi gambar diam maupun gambar bergerak, sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh software atau perangkat lunak yang digunakan. Ini sangat berpengaruh dalam beraktivitas didepan komputer, karena tampilan yang jernih dan tajam akan membuat mata lebih nyaman dalam beraktivitas didepan komputer kita.

Beberapa pengguna memilih untuk mencari spesifikasi monitor yang tinggi agar mendapatkan fitur yang diinginkan seperti response time cepat, refresh rate yang tinggi, akurasi warna yang tepat, jarak pandang yang luas, serta resolusi yang besar agar menghasilkan kualitas tampilan yang indah dan gambar yang tajam.

Seiring berkembangnya teknologi para produsen monitor mengembangkan perangkat ini dengan inovasi dan tekonologi terbaru mereka. Monitor mulai memiliki perubahan pada jenisnya, ukuran layar, resolusi, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis monitor yang perlu kita ketahui yaitu CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode), Plasma dan yang paling terbaru yaitu OLED (Organic Light Emitting Diode), dan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Artikel Terkait:

Share