Gratis Upgrade Performa NVMe RAID untuk Chipset AMD X399

Threadripper NVMe RAID

Share

Selama beberapa minggu terakhir, prosessor AMD Ryzen Threadripper telah memantapkan posisinya di dunia sebagai solusi yang tepat untuk creator dan enthusiast. Semua didapatkan dari banyaknya core yang dimiliki, dengan jumlah PCI Express lane yang tersedia ditambah dengan dukungan memori quad-channel. Dan sekarang platform tersebut akan menjadi lebih baik lagi dengan dirilisnya dukungan versi beta untuk bootable NVMe RAID.

Sebelumnya, bagi pengguna yang memiliki konfigurasi SATA RAID harus melakukan back up data array dan mengembalikan array sebelum melanjutkan upgrade BIOS dan instalasi driver.

Begini cara kerjanya:

  1. Download AMD RAIDXpert2 package terakhir untuk mendapatkan driver NVMe RAID dan softwarenya.
  2. Update BIOS untuk motherboard AMD X399 milikmu untuk menambahkan dukungan NVMe RAID.
  3. Install dua atau lebih SSD NVMe pada sistem milikmu.
  4. Buat sebuah array RAID untuk NVMe dengan salah satu metode berikut:
    1. Menggunakan firmware motherboard. Akan terdapat menu baru dalam BIOS saat POST. Akan ada variasi untuk setiap model.
    2. Gunakan software AMD RAIDXpert2
  5. Nikmati performa dan redudancy dari fitur RAID. Tanpa perlu aktivasi kunci, biaya lisensi, atau batasan SSD. Sederhana!

 

NVMe RAID

Dalam grafik di atas dapat dilihat performa tambahan yang didapatkan dengan kecepatan hingga 21,2 GB/s dari 6 disk dengan RAID0. Pengguna RAID tentu sudah tahu bahwa scaling produk itu penting, dan NVMe RAID pada AMD X399 terlihat sangat menjanjikan dengan scaling 6x dalam reading, dan 5.38x saat writing, Performa tentunya akan sangat dipengaruhi dengan model dan jumlah SSD yang kalian gunakan serta jenis pengujian yang digunakan. Tapi yang pasti adalah NVMe RAID dapat memberikan skalabilitas yang baik dan cepat.

Artikel Terkait: