PCIe 4.0 dengan Bandwidth 16GT/s Sudah Siap untuk Digunakan

PCI SIG

Share

PCIe 4.0 akhirnya masuk dalam versi 1.0 yang menjanjikan bandwidth hingga 16 GT/s untuk setiap lane, dua kali lipat dibandingkan dengan PCIe 3.0 yang memiliki bandwidth 8 GT/s yang diluncurkan pada 2010 membutuhkan waktu 7 tahun. Tapi berita baiknya PCIe 5.0 akan menawarkan bandwidth 32 GT/s pada tahun 2019.

PCIe 4.0

Protokol PCIe terbaru ini dibuat bukan hanya untuk kartu grafik saja meskipun pada kelas konsumer PCIe lebih digunakan untuk menggunakan kartu grafik. PCIe sebagai gambaran dapat digunakan untuk komponen lainnya, seperti media penimpanan NVMe yang menggunakan PCIe sebagai antarmuka, kartu networking untuk bandwidth LAN yang lebih tinggi. Potensi penggunaan PCIe 4.0 diperkirakan juga dapat mengurangi harga dari SSD NVMe karena hanya dibutuhkan setengah lane dibandingkan pada versi 3.0 dan koneksi jaringan 10 GbE hanya membutuhkan sebuah lane. Mengurangi latency dari sinyal PCIe ke CPU juga akan memberikan tambahan performa arsitektur yang menggunakan basis MCM.

Selain menambah bandwidth yang memungkinkan, PCIe 4.0 berarti dapat mengurangi jumlah lane yang dibutuhkan sehingga daya yang digunakan juga akan lebih rendah. PCIe 4.0 sepertinya dipersiapkan untuk menghadapi masa depan yang membutuhkan koneksi dengan bandwidth lebih tinggi, sebut saja teknologi VR dan A.I.