Prosessor 6 core Intel Coffee Lake Mungkin Bisa dipasang pada Z270


Share

Prosessor Coffee Lake bisa dipasang pada motherboard dengan chipset Z270, tapi semua tergantung dengan keputusan Intel. Itulah setidaknya penggalan wawancara bit-tech dengan Andrew Wu, Product Manager dari Motherboard ROG. Berikut penggalan wawancaranya:

 

Bit-tech: Dapatkah kamu menceritakan detail teknis mengenai CPU baru yang tidak dapat dipasangkan dengan motherboard Z270?

Andrew: Sebenarnya, semua tergantung dari keputusan Intel.

Bit-tech: Jadi ini bukan masalah keterbatasan fisik? Intel berkata bahwa ini ada hubungannya dengan pengantaran daya.

Andrew: Tidak juga, hal tersebut memang membuat sedikit perbedaan, tapi tidak banyak.

Bit-tech: Jadi yang mereka maksud adalah mengenai 20-pin atau sekitar itu yang tidak digunakan sebelumnya?

Andrew: Iya.

Bit-tech: Jadi jika kamu mau dan Intel memperbolehkannya, kalian dapat membuat Z270 bisa digunakan (untuk Coffee Lake)?

Andrew: Ya, tapi kamu juga memerlukan sebuah pembaruan dari ME (Management Engine) dan sebuah pembaruan BIOS. Intel sepertinya mengunci kompabilitas tersebut.

Bit-tech: 20 pin yang tidak digunakan tersebut, apa fungsi mereka sekarang?

Andrew: Banyak dari pin tersebut digunakan untuk kendali daya. Mungkin saja disediakan untuk mempersiapkan processor dengan jumlah inti banyak.

 

Setidaknya itu adalah penggalan wawancara yang dilakukan bit-tech dengan Andrew Wu. Dan pada saat ditanya mengenai rencana Intel kedepannya, Andrew hanya menjawab secara diplomatis, “Saya rasa saya tidak dapat berkomentar tentang hal ini”.

Berbahagialah kalian yang sekarang memiliki motherboard Z270, setidaknya masih ada harapan kedepannya bahwa motherboard tersebut bisa dipakai untuk prosessor hingga 6-core.

Artikel Terkait: