TruePlay: Fitur Anti-Cheat ala Windows 10 Fall Creators

TruePlay

Share

Microsoft mulai menggulirkan update Windows 10 Fall Creators ke seluruh PC pada awal minggu ini lengkap dengan fitur seperti Windows Mixed Reality dan integrasi “People” pada taskbar. Beberapa pembaruan mungkin sangat terlihat dengan jelas dan beberapa tersembunyi pada dalam pengaturan sistem. Microsoft sekarang memasukkan fitur anti-cheat untuk bermain game yang disebut TruePlay.

Fitur anti-cheat tersebut sepertinya mirip dengan software anti-cheat milik Valve, yang sering disebut VAC. Sistem tersebut akan mengumpulkan data dalam permainan dan membuat peringatan ketika ada kejanggalan dalam permainan. Pengembang akan menerima informasi bila TruePlay memutuskan bahwa ada hal yang diluar semestinya terjadi dalam permainan. TruePlay, secara default dimatikan dalam “gaming settings” di Windows 10. Tapi Microsoft mulai menghadirkan API untuk para pengembang.

TruePlay

Para pengembang akan dapat menggunakan TruePlay pada game dari Microsoft Store, jadi fitur ini terbatas untuk game Universal Windows Platform (UMP) untuk sekarang. Tidak banyak game yang ada di Microsoft Store, sebut saja Forza dan beberapa game Microsoft Studio. Tapi Microsoft telah berusaha untuk membujuk pengembang untuk menggunakan sistem Xbox Play Anywhere demi menawarkan permainan di setiap platform Xbox One dan Windows 10. Tentu akan lebih menarik lagi bila sistem TruePlay dapat diimplementasikan untuk permainan di luar Microsoft Store karena sistem ini dibuat untuk dapat mengakses hingga ke tingkat sistem yang sensitif. Apakah ini adalah awal dari akhir cheater? Ditunggu saja pengembangannya.

Artikel Terkait: