top banner ulasan top banner ulasan

Zen X Vega = Ryzen Mobile, Prosesor Notebook Ultrathin Tercepat di Dunia

Ryzen Mobile When Zen Meet Vega

Apalagi yang bisa kalian harapkan dari Ryzen Mobile dengan kode nama Raven Ridge ini? Zen bertemu Vega, arsitektur CPU terbaru AMD bertemu dengan arsitektur GPU terbaru AMD. Sudah bisa diperkirakan bahwa kombinasi kedua arsitektur ini akan melahirkan prosesor yang cepat. Memiliki TDP 15-watt yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, prosesor AMD Ryzen 7 2700U dan AMD Ryzen 5 2500U adalah bukti kemampuan AMD untuk menggabungkan kedua arsitektur terbaru dalam sebuah desain System-on-Chip (SoC) miliknya untuk mencapai performa yang belum pernah didapatkan pada notebook ultrathin sebelumnya.

Ryzen Mobile Specification

 

Dalam slide presentasi yang diberikan oleh AMD, bahkan mereka berani membandingkan kemampuan Ryzen 7 2700U dengan prosessor milik Intel, yaitu Core i7 8550U dan Core i7 7500U. Pada benchmark Cinebench R15 1T, performa single-core nya memang di bawah Core i7, tapi kehebatan Ryzen 7 2700U terlihat pada saat benchmark multi-thread, yang mencetakkan skor hampir 2 kali lipat dari Core i7 7500U. Kalian bisa memutuskan sendiri dari slide presentasi berikut yang diberikan oleh AMD. Bahkan pada satu slide, mereka berani membandingkan Ryzen 7 2700U dengan Prosessor Core i5-7600K. Perlu diingat di sini AMD Ryzen 7 2700U adalah prosessor dengan 15W TDP untuk notebook ultrathin, sedangkan Core i5 7600K adalah prosessor dengan 91W TDP untuk penggunaan PC Desktop. Tentu hasil ini perlu dicermati bijaksana, karena Ryzen 7 2700U memiliki 4 core 8 thread, sedangkan Core i5 7600K “hanya” memiliki 4 core 4 thread.

Ryzen Mobile Benchmark
Ryzen Mobile Benchmark
Ryzen Mobile
Ryzen Mobile Benchmark

 

Untuk performa gaming e-sport juga dirasa cukup layak mengingat kalian bisa memainkan game dengan layak pada notebook Ultrathin. Tapi opini penulis, meskipun bisa bukan berarti kalian akan nyaman bermain game CS:GO dengan 49 FPS. Tapi sepertinya masih bisa ditingkatkan lagi dengan cara menurunkan resolusi dan mengubah preset jadi Low.
Ryzen Mobile Benchmark

 

Ukuran Notebook Ultrathin juga masih bisa dibuat lebih tipis hingga 24% lagi yang AMD sebut Max Z-Height. Berarti ada dua pilihan untuk Notebook Ultrathin sekarang, menjadi notebook yang lebih tipis lagi, atau memanfaatkan ruang kosong dengan menambah baterai. AMD juga mengklaim peningkatan umur pakai laptop hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan prosessor FX 9800P milik mereka sendiri.

Ryzen Mobile Max Z-Height
Ryzen Mobile Battery Life

Apakah kalian akan menyaksikan momen di saat AMD merebut porsi pasar Notebook dengan Ryzen Mobile miliknya yang selama ini dikuasai oleh Intel? Tunggu saja ulasan selanjutnya!

Artikel Terkait:

Share