AMD Mengembangkan Chip Grafik Semi-Custom untuk Intel MCP

Intel AMD MCP

Mungkin ini saatnya kubu biru berjabat tangan dengan kubu merah karena AMD mengumumkan bahwa mereka membuat sebuah GPU semi-custom untuk Intel Multi-Chip Package (MCP) yang akan datang. GPU AMD akan dipasangkan dengan prosessor Intel Generasi ke delapan yang akan memanfaatkan memory HBM2. Intel dan AMD mengkonfirmasi pengembangan processor baru yang menandakan teknologi EMIB pertama untuk produk konsumer.

Intel AMD MCP

Rumor telah beredar yang dimulai dengan sebuah forum di HardOCP pada awal tahun ini yang mengatakan bahwa AMD sedang mengembangkan GPU untuk Intel. Pernyataan ini kemudian membuat peningkatan saham untuk AMD yang kemudian dinyatakan sebagai rumor tanpa dasar. AMD juga telah menyebutkan bahwa mereka telah memenangkan pengembangan semi-custom untuk perusahaan besar tapi menolak untuk menyebutkan siapa.

Berikut adalah pernyataan resmi AMD:
“Kerjasama kami dengan Intel telah memperluas dasar yang telah ada untuk GPU AMD Radeon dan membawa ke pasar sebuah solusi yang berbeda untuk grafik performa tinggi,” ucap Scott Herkelman, vice president dan general manager dari AMD Radeon Technologies Group. “Bersama, kita menawarkan kepada gamers dan pembuat konten sebuah kesempatan untuk memiliki sebuah PC yang lebih tipis dan ringan yang mampu memberikan performa kelas grafik diskret dalam game AAA serta aplikasi pembuat konten. GPU semi-custom baru menekankan pada performa dan kapabilitas dari grafik Radeon kepada enthusiast yang lebih luas yang ingin pengalaman visual terbaik.”

Share