Belum Juga Volta Meluncur, Generasi Selanjutnya dengan Kode Nama Ampere Sudah Muncul

Ampere

Nvidia dilaporkan telah memberikan kode nama untuk arsitektur GPU penerus Volta, yaitu Ampere. Nama Ampere sendiri diambil dari fisikawan Perancis terkenal, André-Marie Ampère yang namanya hingga sekarang dipakai di bidang elektronik dan Satuan Internasional. Arsitektur GPU baru Ampere yang akan menjadi penerus Volta akan menunjukkan dirinya pada Graphics Technology Conference (GTC) 2018 nanti yang sudah pasti dibawakan oleh Nvidia. Pada peluncuran tersebut diperkirakan Nvidia akan membuka arsitektur milik mereka yang diikuti oleh presentasi teknis dari teknisi Nvidia. Produknya sendiri diperkirakan akan diluncurkan beberapa saat setelahnya, dan produk konsumer GeForce akan menyusul setelahnya. Tidak jauh berbeda seperti arsitektur Volta yang sudah ada di pasar yang saat ini sudah dinikmati oleh kalangan korporat.

Nvidia sendiri belum meluncurkan produk GeForce yang berbasiskan arsitektur Volta seiring arsitektur Pascal berusia 18 bulan di pasar konsumer sekarang. Yang menjadi pertanyaan, akankah Nvidia akan meneruskan nomor model empat-digit seperti seri GeForce 10-series? Mungkinkah Nvidia akan menamakan arsitektur Volta dengan nama GeForce 20-series, seperti contoh GTX 2080 Ti, GTX 2080, GTX 2070 Ti, GTX 2070, GTX 2060, dan seterusnya.

Hingga saat ini belum banyak berita yang hilir mudik mengenai arsitektur Ampere. Mungkin kalian harus bersabar hingga Maret 2018, sambil menunggu bocoran-bocoran yang akan hadir. Dan ada kemungkinan arsitektur selanjutnya akan dinamakan Nvidia sebagai Ohm? Melengkapi rumus Ohm, yaitu Tegangan (Volt) = Kuat Arus (Ampere) x Hambatan (Ohm). Kalau benar terjadi, mungkin teknisi dan marketting Nvidia memiliki selera humor berkelas.
Ampere Volta Ohm

Share