Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends


Game yang mengusung genre MOBA seperti Mobile Legends sering kali mengalami lag atau mengalami gangguan pada saat bermain. lag ini sering kali terjadi pada saat konektivitas jaringan terganggu, para pemain sering kali mengeluhkan hal ini karena gangguan seperti ini dapat menyebabkan kekalahan.

Ada beberapa permasalahan yang dapat menimbulkan lag seperti jaringan diatas 200ms, atau bahkan smartphone yang digunakan tidak mendukung. Berikut cara mengatasi lag di Mobile Legends :

  1. Pastikan Smartphone Kalian Kompatible
    Ini adalah hal yang paling penting untuk dapat memainkan Mobile Legends dengan nyaman. Kalian harus memiliki smartphone yang mendukung berikut spesifikasi smartphone yang direkomendasikan Android Min 4.0 +, RAM min 1GB, CPU 4 Core. Untuk mengetahuinya kalian bisa memeriksa spesifikasi smartphone kalian pada pengaturannya.
  2. Pastikan Koneksi Kalian Stabil
    Faktor kedua yang dapat menyebabkan lag adalah jaringan. Pilihlah provider jaringan yang benar-benar stabil, karena setiap provider memiliki kekuatan jaringan berbeda-beda disetiap daerah, kalian bisa mencoba dengan cara memindahkan jaringan kalian dari 4G ke 3G karena biasanya jaringan 3G lebih stabil dari pada jaringan 4G. Periksa PING kalian sebelum bermain pada pengaturan game Mobile legends dengan cara mendeteksi jaringan, jika PING kalian diatas 100ms lebih baik kalian jangan bermain di Ranked Match karena kemungkinan besar pada saat bermain kalian akan mengalami lag karena PING terlalu besar.
  3. Efektifkan Penggunakan RAM
    Pada saat bermain Mobile Legends kalian harus memastikan kembali aplikasi yang sedang berjalan di smartphone kalian, untuk menghindari lag kalian bisa bersihkan semua aplikasi yang sedang berjalan seperti social media atau aplikasi lainnya yang dapat mengurangi kapasitas RAM smartphone kalian, karena setiap smartphone pasti memiliki kapasitas terbatas untuk RAM.
  4. Setting Graphics ke Low
    Mengubah setelan grafik ke Low mungkin dapat membantu untuk mengurangi lag dan bahkan bisa menghilangkan lag selama bermain. Grafik pada permainan Mobile Legends dapat kalian atur menjadi Low, Medium dan High, sekilas grafik ini tidak ada perbedaan yang signifikan pada saat kita bermain namun dengan mengubah ke pengaturan Low grafik dapat membantu sedikit untuk mengurangi lag pada saat kita bermain Mobile Legends.
Share