Cara Mengatasi Website Miner


Website miner merupakan salah satu cara yang digunakan oleh para pemilik situs yang ingin mengambil keuntungan dari para pengunjungnya. Hal ini disebut juga dengan Cryptojacking yang dipopulerkan oleh ThePirateBay dengan cara menyisipkan sebuah script mining, script ini secara otomatis dapat menggunakan CPU para pengunjungnya untuk mining.

Untuk mengetahui apakah kita sedang mengunjungi website miner atau tidak kita bisa melihat performance komputer kita pada task manager. Sebagai contoh salah satu website media Indonesia yang menjadi website miner adalah BeritaSatu.com. Kalian bisa coba mengunjungi website beritasatu.com sambil melihat perfomance komputer, hal ini untuk mencoba apakah browser kalian bisa menangkal script yang diberikan oleh website miner tersebut atau tidak.

beritasatu.com

Pada saat tim ulasan id mengunjungi website beritasatu.com menggunakan browser chrome tanpa menggunakan adblock plus performance CPU langsung seketika menanjak hingga 90% lebih, dan pada saat adblock plus diaktifkan lalu merefresh website beritasatu.com seketika performance CPU langsung menurun.

Ada beberapa plug-in yang bisa kita gunakan sebagai pelindung pada browser kita dari website miner ini seperti beritasatu.com ini yaitu Adblock Plus dan Miner Block.

Bagi kalian yang menggunakan broweser Chrome kalian bisa menginstall Adblock plus dengan cara :

-Buka “Chrome web store” pada Google Chrome

-Cari “adblock plus”

-Pilih “Add to Chrome”

-Setelah itu aktifkan extension

-Subscribe ke filter list yang tersedia.

Jika kalian menggunakan Mozilla Firefox kalian bisa menginstall adblock plus dengan cara :

-Buka menu “Add-On” pada Mozzila Firefox

-Pilih “Get Add-On”

-Pilih See More Add-On”

-Cari Add-On dengan kata kunci “Adblock plus”

-Install add-on tersebut  dan aktifkan

-Subscribe ke filter list yang tersedia.

Untuk menginstall exstension atau plug-in Miner Block kalian lakukan hal yang sama hanya saja pada saat pencarian kalian cari dengan kata kunci Miner Block setelah itu lakukan hal yang sama seperti penginstallan extension adblock plus.

Artikel Terkait:

Share