Fenomena Cryptojacking, Lebih dari 2500 Website Mining dari Pengunjung

Cryptojacking coinhive

Cryptojacking adalah fenomena baru yang dipopulerkan oleh ThePirateBay dengan cara menanamkan website mereka dengan sebuah crypto-currency miner yang didasarkan Javascript. Muncul banyak debat apakah miner crypto-currency yang disembunyikan dalam halaman web bisa menjadi model pendapatan di masa akan datang untuk menggantikan iklan online atau langganan berbayar. Banyak yang berargumen itu sah-sah saja selama pengunjung website dibuat sadar kalau website yang dikunjungi memiliki fitur mining serta diberikan pilihan antara ads dan miner. Sisanya menolak keras bahwa pengguna yang membuka banyak tabs akan mengalami penurunan performa serta membuat biaya listrik meningkat tajam.

Cryptojacking Coinhive

Menurut laporan ArsTechnica, setidaknya terdapat 2.500 website yang telah membenamkan miner crypto-currency secara sembunyi-sembunyi dari penggunanya. Willem de Groot, seorang cybersecurity independen mengatakan bahwa ia memperkirakan bahwa JavaScript miner telah ada pada 2.496 website dan terus meningkat. Pusat dari kontroversi ini adalah Coinhive. Mereka menjual crypto-currency miners yang mudah diintegrasikan dengan website sebagai tambahan pendapatan. Kegiatan pemasaran mereka juga dilakukan dengan cara menulis pada website mereka dan meminta bloggers untuk menyebarkan metode ini.

Target empuk dari Coinhive adalah para blogger WordPress yang berusaha membuat uang dari iklan murah. Ini adalah tren yang mengganggu karena blog yang tidak memberitahu penggunanya akan mempengaruhi kredibilitas dari platform yang digunakan sebagai keseluruhan (WordPress dan Blogger) karena pembaca akan menghindari blog agar tidak menjadi korban miners.

Dan lebih buruk lagi, Google, Mozilla, dan Microsoft belum hadir dengan fitur anti-miner dalam browser mereka. Ad-block Plus, sebagai ekstensi browser yang populer juga memperkenalkan fitur untuk mencegah script yang memiliki sifat mining. Penyedia anti-virus terkenal seperti Kaspersky dan McAfee juga membenamkan fitur anti-phising untuk mendeteksi dan memblokir situs dengan fitur miner.

Share