top banner ulasan top banner ulasan

Harga Silicon Wafer 300mm di Q4 2017 300mm Meningkat 20% YoY

Silicon Wafer

Silicon wafer sudah bisa dibilang wafer (biskuit) paling disukai oleh penggemar teknologi, tapi wafer ini juga membutuhkan sumber daya uang untuk mengembangkan dan memproduksi wafer tersebut. Belum juga biaya untuk mempekerjakan cukup teknisi yang bagus, alat yang tepat dan juga pengetahuan untuk mendesain dan memproses teknologi tersebut pada sebuah wafer.

Sepertinya terdapat kenaikan harga wafer seiring permintaan meningkat, sehingga mengikuti hukum pasar. Menghadapi peningkatan permintaan, banyak perusahaan biasnya akan menghadapi sebuah pertanyaan mengenai hal yang harus dilakukan. Antara meningkatkan jumlah produksi mereka atau mempertahankan produksi mereka dan meningkatkan harga. Hal ini jugalah yang mengakibatkan harga memory DRAM untuk beberapa waktu ke depan.

Silicon Wafer

SK Siltron dari Korea Selatan dan SUMCO dari Jepang yang merupakan produsen wafer dilaporkan perkiraan harga 300mm wafer meningkat hingga 20% YoY. SUMCO juga menyesuaikan harga silicon wafer dengan permintaan (baca: meningkatkan harga). SUMCO memperkirakan permintaan global di tahun 2020 mencapai 6,6 juta unit per bulan. SUMCO sendiri merencanakan untuk meningkatkan produksi 300mm silicon wafer hingga 110.000 unit di 2019.

Sepertinya sekali lagi tahun yang tidak terlalu menyenangkan bagi para pembuat sistem PC, mulai dari kenaikan harga GPU akibat kegiatan mining, harga DRAM akibat permintaan yang turut meningkat, kini ada kemungkinan harga processor ikut meningkat.

Artikel Terkait:

Share