Nvidia Memperkenalkan GPU Laptop Baru GeForce MX130 dan MX110

Nvidia GeForce

GPU konsumer dari Nvidia dengan nama GeForce bertambah lagi lininya, kali ini Nvidia memperkenalkan GeForce MX130 dan MX110 yang berbasiskan arsitektur GPU Maxwel dengan silikon GM108. Nvidia sendiri tidak memberikan spesifikasi pasti dari chipset ini. Hanya informasi sederhana yang menyebutkan bahwa MX 130 akan memiliki performa 2,5 kali lebih cepat dari Intel UHD 620 dan MX110 lebih cepat 1,5 kali dari Intel UHD 620. Sebagai perbandingan, MX150 menawarkan performa 4x UHD 620.

Nvidia GeForce MX130

Karena menyasar kelas laptop, teknologi Nvidia Optimus dibenamkan sehingga memungkinkan untuk memilih antara iGPU atau dGPU untuk menyeimbangkan antar performa dan efisiensi daya. Dengan teknologi Optimus, iGPU akan aktif untuk aplikasi ringan, seperti browsing atau office. Sedangkan dGPU akan aktif saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Opsi pilihan antarmuka memory juga tersedia DDR3 atau GDDR5, tapi jika mengingat performa yang ditawarkan, sepertinya akan banyak manufaktur yang lebih memilih menggunakan antarmuka DDR3.

Tapi posisi GPU ini bagi penulis agak membingungkan. Laptop dengan efisiensi daya tinggi mungkin lebih memilih iGPU dibandingkan dengan dGPU. Sedangkan jika membutuhkan keseimbangan antara performa dan konsumsi daya, pilihan APU Ryzen Raven Ridge sepertinya cukup menjanjikan. Penulis hanya bisa memikirkan kalau GPU ini mungkin akan dipasarkan untuk laptop dengan harga di sekitar 4 juta ke atas. Memiliki dGPU sekali lagi tetap lebih baik dibandingkan dengan iGPU.

Artikel Terkait:

Share