top banner ulasan top banner ulasan

Raja Koduri Dirumorkan Mencari Horizon Baru di Intel

Raja Koduri

Seperti yang dikutip dari wccftech.com, Raja Koduri yang baru saja akan meninggalkan AMD dirumorkan akan memiliki peran pada Intel dalam waktu dekat – dan akan diumumkan dalam waktu dekat juga.

Sebelumnya AMD dan Intel telah mengumumkan kolaborasi mereka dalam merancang sebuah chip dengan AMD merancang dari sisi grafik menggunakan teknologi yang mereka punya – dalam hal ini sepertinya teknologi Radeon Vega. Tentu dengan hadirnya Raja Koduri ke Intel akan memuluskan rencana dalam mengintegrasikan teknologi Radeon dengan Intel.

Nvidia Raja Koduri AMD Radeon

Sepertinya Intel menodongkan senjata kepada Nvidia dalam banyak cara. Raja Koduri adalah sosok penting dalam pengembangan Vega serta pengalamannya sebagai seorang teknisi sangat dihargai. Di sinilah yang paling menarik. Pada saat AMD berhasil menyematkan GPU Radeon ke dalam lini Kaby Lake-G yang adalah rival dari Nvidia dalam hal GPU. Berarti Intel akan mendapatkan profit penuh dari penjualan prosesor, sedangkan AMD akan mendapatkan profit dari setiap prosesor yang dijual. Dalam hal ini Nvidia menjadi satu-satunya pihak yang kalah.

Raja Koduri AMD Radeon Technologies

Dengan Raja Koduri berpindah ke Intel dan (mungkin) ditempatkan pada posisi pimpinan, Intel akan dapat melancarkan pengembangan Kaby Lake-G karena Raja sendiri sudah memiliki pengalaman luas dalam menangani HBM dan desain Inter-poser. Faktanya, hampir dipastikan bahwa Raja membantu Intel dalam integrasi dari sisi AMD pada awal perjanjian dibuat.

Atau bukan hal yang mustahil bahwa Raja mungkin saja membantu Intel mengembangkan GPU terdedikasi miliknya sendiri, meskipun peluangnya sangat kecil tapi masih ada peluang. Posisi pastinya dan pengumuman resmi tentu perlu menunggu waktu. Dengan Jim Keller bekerja dengan Tesla dan AMD untuk chip AI, sekarang Raja bekerja dengan Intel untuk memperkuat departemen pemrosesan paralel, sehingga sekali lagi memanaskan posisi Nvidia yang sekarang ini sedang menikmati keuntungan yang besar dari start awal dengan ekosistem yang telah berkembang dengan baik.

Artikel Terkait:

Share