Ulas Zotac Geforce GTX 1080 Ti


VGA Card  ini di klaim Zotac sebagai GTX 1080 Ti terkecil di dunia. Saat Unboxing, sudah pasti ditemukan Zotac GTX 1080 Ti Mini, 2 dual 6-pin to 8-pin adapter, 1 Driver Disk, Quick Installation Guide (Panduan Pemasangan Singkat), dan brosur produk Zotac lainnya.

Desain luar Zotac GTX 1080 Ti Mini terlihat gahar dengan menggunakan dua buah kipas berukuran sekitar 10 cm dan 9cm yang kalau diperhatikan sekilas, fan berukuran sama. Bagian belakangnya dilapisi oleh backplate metal yang bertujuan untuk meningkatkan estetika dan mencegah bending pada VGA. Di bagian samping ada logo Zotac dan 2 8-pin input daya. Zotac menyediakan 5 display output dengan susunan 3 DisplayPort 1.4, 1 HDMI 2.0b, dan 1 Dual Link-DVI-D. Zotac GTX 1080 Ti mini ini memiliki dimensi 211mm x 125mm x 41mm, Zotac mengklaim bahwa kartu ini adalah kartu grafik terkecil di dunia yang menggunakan GPU Nvidia GeForce GTX 1080 Ti. Sudah pasti kartu kecil ini lebih ditujukan untuk mereka yang ingin membuat Small Form Factor PC.

Pada bagian pendinginannya, sekali lagi Zotac mempercayakannya dengan dua kipas yang memiliki ukuran berbeda. Heatsink yang digunakan memiliki 5 heatpipe untuk mempercepat proses pendinginan. Dari samping bisa dilihat kalau Heatsink menutupi hampir semua bagian yang menghasilkan panas, seperti GPU, memory, dan VRM. Pada bagian belakangnya VGA ini memiliki Backplate yang kalau kalian lihat dari samping, back plate nya tidak menyentuh bagian penting sama sekali, jadi mungkin lebih bertujuan sebagai nilai estetika saja.

walaupun VGA Card ini kecil, spesifikasi vga ini setidaknya lebih tinggi dari reference card yaitu founders edition, tapi bagaimana dengan cooling, apakah sama dengan founders edition yang dikenal panas dan berisik ? kalian bisa lihat pada benchmarknya nanti. GPU ini memiliki spesifikasi yang sama dengan founder edition yang berbeda hanyalah core clock saja. core clock GPU ini memiliki Base Clock nya ditingkatkan menjadi 1.506 MHz dari yang seharusnya 1.481 MHz dengan Boost Clock hingga 1620 MHz dari yang seharusnya 1.582 MHz.

Konsumsi daya kartunya sendiri mencapai 250W, jadi Zotac menyarankan kalian memiliki PSU setidaknya 600W atau lebih jika kalian berniat melakukan overclock. Team Ulasan juga menambahkan saran untuk mencari PSU yang langsung menyediakan 2 konektor 8-pin langsung dari PSU dibandingkan menggunakan adapter yang ada untuk aliran daya yang lebih baik.

Spesifikasi RIG yang dipakai untuk benchmark, CPU nya 6700k yang berjalan pada 4,5 GHz, Mobo ASUS Maximus 8 formula, Memory Gskill Tridentz RGB 3200 c16, Cooling Antec H1200, Power Supply XFX xtr 750 watt, mari kita lihat benchmarknya.

3dmark 11
fs
fse stress test
fse
fsu

Share

Halaman: 1 2 3