Zotac GTX 1070 Ti Menghindari Larangan Factory Overclocking melalui Profile OC

Zotac GTX 1070 Ti

Keputusan Nvidia untuk melarang partner AIB dari factory overclocking kartu grafik GTX 1070 Ti milik mereka bisa dibilang menjadi salah satu keputusan yang tidak menyenangkan bagi penggemar hardware, tapi keputusan itu dinilai penting dari segi keputusan bisnis. Jika dibiarkan saja, kemampuan Overclocking GTX 1070 Ti akan menawarkan performa yang dapat disandingkan dengan GTX 1080. Sehingga keputusan ini dibuat agar GTX 1070 Ti dengan harga peluncuran $459 tidak mengkanibalkan GTX 1080 saat langsung digunakan.

Permasalahan ini membuat beberapa masalah bagi partner AIB karena sekarang semakin sedikit yang mereka bisa tawarkan kepada konsumen dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Mereka sekarang hanya bisa menawarkan klaim performa melalui solusi pendinginan milik mereka. Akhirnya AIB menemukan cara yang luar biasa untuk menghindari batasan Nvidia, tapi tetap menawarkan faktor pembeda untuk GPU milik mereka.

Zotac FireStorm

Pada kasus ini, Zotac akan mengikutsertakan profile performa yang telah diprogram sebelumnya untuk GTX 1070 Ti milik mereka. Ini berarti Zotac dapat memenuhi permintaan Nvidia sambil tetap menawarkan performa tambahan bagi penggunanya. Diperkirakan AIB lain akan ikut menyusul metode seperti ini. GTX 1070 Ti AMP Extreme pada salah satu profilnya akan mengatur power limit sebesar 140% (252 W) dan overclocking sebesar +150 MHz sehingga meningkatkan boost clock menjadi 1833 MHz.

Share