5 Laptop Unik 2017 (Kaleidoskop)


Share

Hanya hitungan hari, akhir tahun akan datang. Banyak laptop yang direlease di tahun 2017. Kali ini tim Ulasan membahas 5 laptop terunik yang ada di tahun 2017 ini. Penasaran laptop unik apa saja yang ada di tahun 2017 ini? langsung saja kita simak.

Razer project Valerie
Multi-GPU di dunia laptop meskipun masih langka, bukanlah konsep yang baru karena sudah ada beberapa laptop dari beberapa vendor yang menawarkan solusi ini. Tapi bagaimana kalau konsep multi-monitor dalam satu laptop? Inilah yang ingin ditawarkan Razer melalui project Valerie yang diperkenalkan pada CES 2017. Bukan hanya 2, tapi langsung 3 layar yang dikemas dalam ukuran laptop 17,3 inch dengan masing-masin resolusi 4K. Laptop yang masih dalam tahap prototype tersebut meskipun menawarkan layar yang luar biasa, tentu masih perlu banyak aspek yang dikembangkan agar “layak” dijual ke konsumen. Mulai dari masalah daya tahan baterai untuk menyalakan 3 monitor bersamaan, masalah performa hardware yang dibutuhkan, hingga masalah kestabilan pada saat dibentangkan. Tapi yang pasti, Project Valerie ini bisa jadi laptop productivity yang powerful dengan 3 layar. Karena masih dalam tahap prototype, spesifikasi hardware yang digunakan juga masih belum tentu, tapi pada saat dipajang, GPU yang digunakan adalah GeForce GTX 1080.

Acer Predator 21 X
umumnya laptop yang kita beli dipackaging dengan kardus yang di dalamnya Styrofoam. Namun ada beberapa laptop yang eksklusif yang dipackaging menggunakan Koper. Salah satunya Acer Predator 21 X. Apa sih istimewanya laptop ini sampai packagingnya harus pakai koper segala? Pertama laptop ini sesuai namanya berukuran 21 inch Ultra Wide, Curved Display. Gampangnya ini laptop besar, lebar, dan layarnya melengkung. Kalau laptop gaming besar sepertinya sudah pasaran, tapi kalau ultra wide plus melengkung, kayanya ini konsep yang baru. Layarnya juga udah bisa menampilkan refresh rate 120 Hz. Gak sampai di situ saja, dalam ukurannya yang besar ini ditenagai oleh Prosessor Desktop Intel Core i7 serta 2 GPU GTX 1080 dengan konfigurasi SLI. Panas yang dihasilkan akan dibuang melalui 9 Heat Pipe yang ada. Kualitas Audionya sudah menggunakan teknologi Dolby Audio Premium dengan konfigurasi 4 Speaker dan 2 Subwoofer. Serta keyboard menggunakan key Cherry MX yang sudah dikenal kehandalannya. Bingung kenapa perlu pakai koper segala? Kalau kalian lihat charger yang diperlukan untuk menyalakan laptop ini kalian pasti langsung mengerti, kalau untuk membawa chargernya saja tas laptop biasa sudah tidak akan mampu. Belum lagi aksesoris tambahan lainnya yang akan kalian dapatkan di dalam koper. Untuk harganya sepertinya hanya anak “SULTAN” yang mampu membeli karena harganya $9.000 atau setara sebuah mobil. Laptop ini mengingatkan Kita dengan Laptop ROG GX 800 yang dirilis akhir tahun lalu

Asus ROG Zephyrus
Kalau ngomong laptop gaming, pasti yang terbayang pertama kali adalah laptop yang cukup tebal dan berat. Laptop dari Asus ROG ini akan langsung menghilangkan paradigma itu. Laptop Asus ROG Zephyrus ini sesuai dengan brand ROG, ditujukan untuk bermain game dengan prosessor Intel Core i7 Mobile dan GPU Nvidia GeForce GTX 1080 dengan Max-Q Design. Mungkin tidak banyak orang yang percaya karena Laptop Gaming ini tebalnya yang hanya 17,9mm. Rahasia agar ROG Zephyrus ini bisa berjalan maksimal pada saat bermain game adalah pada desain chassisnya. Pada saat laptop ini dibuka, bagian bawah chassis akan sedikit terangkat sehingga memberikan ruang tambahan agar kipas dapat mengambil udara lebih banyak. Asus menyebut desain ini sebagai Active Aerodynamic System. Dengan desain tersebut, Asus berani mengklaim sebagai laptop gaming tertipis yang menggunakan Nvidia GeForce GTX 1080. Mungkin sekarang laptop gaming tidak perlu tebal lagi.

HP Spectre
ngomongin laptop gaming terus, kali ini kita lihat laptop tertipis di dunia, setidaknya itulah klaim dari HP dengan produk HP Spectre miliknya. Membuat laptop tipis itu sebenarnya lebih banyak yang harus diperhitungkan dibandingkan membuat laptop gaming yang tebal. Pertama urusan manajemen panas, kalau laptop gaming yang tebal sudah pasti gampang untuk memasukkan komponen pendingin yang dibutuhkan, tapi kalau laptop tipis, perlu ada rekayasa tambahan. Belum lagi karena tipis perlu diperhitungkan juga aspek kekuatan laptop. Secara harafiah, laptop ini harus kuat agar mantap dipegang dan digunakan sehari-hari. Laptop HP Spectre bisa jadi pilihan kalau memang kalian suka laptop tipis nan elegan. Konfigurasinya sendiri bisa kalian pilih hingga prosessor Core i7 generasi ke-8, media penyimpanan NVMe, dan pilihan layar hingga 4K

LG Gram
Sudah terlebar, terbesar, terunik, tertipis, kali ini teringan. LG Gram 13.3 inch (2017) jadi juaranya kali ini. Sesuai namanya, laptop varian terkecil dari LG Gram ini bobotnya tidak sampai 1 Kg. Bobot itu dicapai dengan menggunakan bahan teringan namun kuat yang bisa ditemukan bebas, yaitu magnesium. Meskipun bobotnya ringan, fitur-fitur yang dibenamkan cukup lengkap, mulai dari fingerprint ID, yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello, keyboard dengan backlit untuk mempermudah pengetikan pada kondisi kurang cahaya, (23b)Port yang lengkap mulai dari USB Type-A, Type-C, HDMI, serta Jack Audio yang sudah mendukung teknologi DTS Headphone: X yang bisa memvisualisasikan efek surround 11.1. Varian teringan ini menggunakan Intel Core i5 generasi ke-7 yang sudah termasuk dengan SSD dan RAM 8GB. Dengan bobotnya yang tidak sampai 1 kilogram ini, sudah pasti cocok untuk mereka yang sering berpergian dan melakukan aktivitas ringan seperti mengetik dan presentasi. Sudah jelas dengan bobot yang ringan tersebut berarti baterai yang dibenamkan terbatas, sehingga versi teringan kali ini dibekali dengan layar 1080p dan Core i5 agar mampu diajak keluar seharian tanpa harus sering di-charge. Kalau memang kamu sering keluar dan melakukan aktivitas ringan ini laptop bisa dilirik.

Artikel Terkait: