APU Fenghuang Raven dengan 1.792 Stream Processor Muncul di Basis Data SANDRA

AMD APU Fenghuang Raven

Share

APU AMD yang tidak diketahui jenisnya muncul di basis data online SANDRA. Sesuai namanya, jajaran APU milik AMD berarti sebuah prosessor yang memiliki CPU dan GPU terintegrasi di dalamnya. Chip tersebut tercatat pada SANDRA sebagai AMD Fenghuang Raven dan sepertinya adalah chip semi-custom yang sedang diuji oleh teknisi AMD dan sudah pasti sedang dalam pengembangan. Laporan dari SANDRA tersebut mencatat komponen tersebut sebagai “AMD 15FF Graphics” yang memiliki 1.792 Strea Processor yang tersebar pada 28 compute unit dengan engine clock 555 MHz dan 2GB VRAM yang memiliki bandwidth 182,15 GB/s. Tidak banyak yang dapat diambil dari spesifikasi CPU yang ada kecuali clock speed yang tercatat sebesar 2,4 GHz.

AMD APU Fenghuang Raven SANDRA

Sebagai perbandingan, GPU Radeon RX 560 memiliki hingga 16 compute unit dengan total hingga 1024 Stream Processor. Kalau hanya melihat spesifikasi ini saja, bisa dikira-kira kalau nanti performa grafik AMD Fenghuang Raven akan melebihi RX 560. Tapi balik lagi, RX 560 memiliki clock hingga 1275 MHz. Kalau kita boleh berharap, sebenarnya solusi ini jadi jalan keluar yang baik untuk semua pihak mengingat harga GPU sekarang yang sedang tinggi, solusi APU yang memiliki 4-core/8-thread dan juga GPU terintegrasi yang cuku powerful jadi solusi yang sangt menarik. Seperti pada artikel penulis sebelumnya, sepertinya APU sekarang masih belum bisa bermain game, tapi APU Fenghuang Raven sepertinya cukup menjanjikan untuk dapat bermain game dengan resolusi 1080p dengan frame rate lebih dari 60 fps.

AMD APU Fenghuang Raven SANDRA

Prediksi penulis, hal ini sepertinya akan jadi tren untuk kedua pemimpin pasar prosessor desktop sekarang, Intel dan AMD. Beberapa saat yang lalu, Intel sendiri dilaporkan sedang berusaha menggabungkan proessor milik mereka dengan grafik dari Radeon yang berimbas pindahnya Raja Koduri dari RTG ke Intel. Sekarang muncul berita mengenai AMD yang sedang mempersiapkan APU yang bisa jadi solusi All-in-One untuk bermain game dan pengolahan grafis yang cukup serius. Tapi muncul pertanyaan mungkinkah soket AM4 akan masih bisa digunakan untuk mempersenjatai APU yang diperkirakan tentunya kan mengkonsumsi daya yang cukup besar? Tentu waktu yang akan menjawab.

Artikel Terkait: