APU Raven Ridge, Ryzen 5 2500U Tidak Terlalu Cocok untuk Diajak Main Game

AMD Ryzen Mobile Raven Ridge APU HP Envy X360

Sambil menunggu produk review sampai ketangan Ulasan ID, tidak ada salahnya kita coba intip-intip review di luar sana yang lebih beruntung mendapatkan produk dengan Ryzen 5 2500U atau yang banyak orang kenal sebagai APU Raven Ridge.

Sebelumnya kita refresh dulu ingatan kita tentang Ryzen Mobile. AMD sendiri dalam presentasinya tidak menyinggung mengenai performa gaming APU ini. Ryzen 5 sendiri memiliki 4 Core 8 Thread dengan base clock 2,0 GHz dan Boost Clock hingga 3,6 GHz serta terintegrasi dengan GPU Vega 8 yang memiliki 8 Compute Unit yang mampu berjalan hingga 1.100 MHz. Sedangkan Ryzen 7 2700U memiliki perbedaan base clock yang lebih tinggi hingga 2,2 GHz dan Boost Clock hingga 3,8 GHz dengan GPU Vega 10 yang memiliki 10 Compute Unit dan yang berjalan pada clock 1.300 MHz, keduanya adalah chip dengan TDP 15W. Kalau pendingin pada chip memadai, fitur mobile XFR atau mXFR akan otomatis aktif dan mampu menjalankan chip ini hingga 25W TDP. Dengan hadirnya Ryzen Mobile, berarti AMD sekarang sudah head-to-head dengan Intel di setiap segmen, dalam hal ini segmen mobile.

Baca Juga:  Update Emblem Mobile Legends

Penulis kutip dari techreport.com, pengujian menggunakan laptop HP Envy x360 dengan Ryzen 5 2500U, 8GB dual-channel DDR4-2400 dengan resolusi layar native 1920 x 1080 pixel dan ukuran ketebalan (atau ketipisan) 19,6mm.

APU AMD Ryzen Mobile Raven Ridge
APU AMD Ryzen Mobile Raven Ridge

Pada pengujian oleh techreport, DOTA 2 dengan preset Fastest dan resolusi 1080p mampu menjalankan frame rata-rata 71 fps, performanya masih lebih baik dibandingkan dengan Intel UHD 620, tapi berbeda cukup jauh dari GPU terdedikasi Nvidia GeForce MX150. Dan pada preset Best Looking, mencatat rata-rata 27 fps. Untuk lebih adilnya, AMD tidak pernah sekalipun mengatakan bahwa APU Raven Ridge ini bisa digunakan bermain game dengan lancar. Tapi di sisi produktivitasnya, prosessor ini menawarkan performa melebihi Core i5-7200U tapi masih di bawah Core i5-8250U.

Baca Juga:  AMD Memastikan Prosessor Ryzen Generasi ke-2 akan Debut di Q1-2018

Menurut penulis, sepertinya Ryzen Mobile akan seperti prosessor Intel Mobile yang sudah ada di pasaran, kalau kalian perlu untuk bermain game dengan lancar, GPU terdedikasi sepertinya masih tetap diperlukan. Mungkin impian untuk bermain game lancar dengan iGPU masih jauh. Secara pribadi, penulis tidak berharap kalau APU ini akan bisa menjalankan game AAA dengan frame rate tinggi, penulis hanya berharap mungkin game seperti CS:GO bisa tetap stabil di frame di atas 60 fps. Karena kalau kalian punya laptop berukuran tipis seperti HP Envy x360, sesekali bermain game saat bosan tentu jadi opsi yang menarik dibandingkan harus membawa laptop tebal dan berat.

Baca Juga:  Benchmark Nvidia Titan V Di Overclock

Artikel Terkait:

Share