Bocoran Intel Core i7-8709G Lengkap dengan Grafik Radeon Vega M

Intel

Share

Beberapa waktu lalu Intel dan AMD mengumumkan kerja sama yang ditandai dengan perpindahan Raja Koduri dari Radeon Technology Group ke Intel. Kerja sama kedua raksasa chip tersebut sepertinya membuahkan sebuah produk yang didapatkan di Intel Core i7-8709G. Keunikan chip ini merupakan hasil perpaduan terbaik antara Intel dan Radeon. Intel sudah dikenal memiliki prosessor dengan IPC yang lebih tinggi sedangkan Radeon memiliki kelebihan di aspek grafis dan teknologi modular. Karena chip ini merupakan gabungan dari Intel dan AMD, tidak kaget kalau prosessor ini menggunakan silikon Kaby Lake dengan grafik Radeon Vega M yang diberi nama oleh Intel sebagai Kaby Lake-G. Keduanya digabungkan dengan teknologi yang Intel sebut multi-chip module.

Intel MCP

Bocoran ini didapatkan dari Futuremark SystemInfo. Prosessor i7-8709G memiliki 4-core/8-thread berbasiskan mikro-arsitektur Kaby Lake pada clock 3,1 GHz dan Turbo Boost hingga 3,9 GHz yang digabungkan dengan grafik Radeon RX Vega M (694C:C0) yang memiliki 4GB HBM2 dengan 1024-bit memory bus yang berjalan pada 1,19 GHz dan memory clock 800 MHz yang menghasilkan bandwidth 204,8 GB/s. Tapi jumlah stream processor maupun compute unit pada Vega masih misteri.

Menurut penulis kalau benar chip tersebut memiliki 4GB HBM2 memory, setidaknya performa yang ditawarkan seharusnya melebihi atau setidaknya setingkat dengan RX 570. RX 570 sendiri untuk bermain game pada resolusi 1080p seharusnya lebih dari cukup. Seperti yang penulis tulis akhir-akhir ini, sepertinya PC Hardware akan memasuki masa di mana pengguna sekarang cukup membeli “APU” (meskipun istilah ini sebenarnya punya AMD karena teknisnya semua prosessor konsumer Intel memiliki iGPU) dan bisa menikmati bermain game dengan resolusi 1080p dengan setting yang gak bikin sakit mata.

Tapi menurut penulis teknologi ini harus ditebus dengan suhu yang akan cukup panas karena dua sumber panas terbesar di dalam PC, secara harafiah ditempel bersebelahan jadi CPU cooler (atau apapun istilahnya nanti) harus cukup berkualitas untuk bisa mendapatkan performa lebih. Tapi sepertinya dengan clock prosessor yang “hanya” 3,1 GHz serta Vega M yang kemungkinan adalah Vega Mobile, TDP yang dihasilkan seharusnya tidak sampai terlalu tinggi.

Artikel Terkait: