top banner ulasan top banner ulasan

Chipset AMD seri-400 Muncul di PCI-SIG, Kehadiran PCIe 3.0 General Purpose Dipastikan

AMD

Prosessor Generasi ke-2 dari AMD Ryzen yang akan melakukan debutnya di Q1-2018 dipastikan akan ditemani dengan motherboard chipset AMD seri-400 terbarunya yang tetap akan menggunakan socket AM4 yang dipakai sekarang. Chipset AMD seri-300 yang selama ini dipakai oleh jajaran prosessor Ryzen, Athlon, dan APU seri-A sekarang ini akan mengalami penambahan fitur yang mungkin akan mendukung kemampuan dari Ryzen 2 dengan lebih lengkap. Yang penulis maksud mungkin seperti skenario Intel, pengguna prosessor Kaby Lake bisa menggunakan motherboard chipset Skylake, tapi kalau ingin menggunakan fitur Optane harus menggunakan prosessor dan motherboard Kaby Lake.

Chipset AMD seri-400

Yang dapat dipastikan dari chipset seri 400 ini adalah kehadiran fitur PCI-Express Gen 3.0 general purpose lanes. PCIe general purpose lanes itu sendiri adalah PCIe lanes yang langsung dikendalikan oleh chipset untuk menjalankan bermacam-macam controller onboard external yang ada, dan sering kali dihubungkan pada slot x1 dan x4 PCIe. Chipset seri-300 sendiri memiliki 8 PCIe Gen 2.0 General Purpose Lanes yang bagi sebagian orang agak kurang mengingat media penyimpanan NVMe sendiri menggunakan PCIe 3.0 x2 atau x4.

Jumlah PCIe Lanes tersebut terpisah dari prosessor yang digunakan. Sebagai contoh, kalau kalian menggunakan Ryzen di soket AM4, kalian akan mendapatkan tambahan 20 PCIe 3.0 Lanes yang terbagi menjadi 16 PCIe lanes untuk PEG dengan konfigurasi satu x16 atau dua x8 dan 4 PCIe lanes untuk chipset bus. Di mana 4 PCIe lanes tersebut digunakan untuk M.2 Slot 32 Gb/s. Dengan ditingkatkanya PCIe menjadi versi 3.0, tahun depan sepertinya kalian akan mulai melihat banyak motherboard soket AM4 yang akan memiliki tambahan slot M.2 32 Gb/s.

Jika sebelumnya pengguna Ryzen masih memerlukan kartu tambahan untuk melakukan RAID di motherboard AM4, sekarang sepertinya kalian akan bisa langsung memiliki 2 slot M.2 32 Gb/s di motherboard. Sekalian berharap masalah RAID pada Ryzen Threadripper tidak akan terulang lagi di Ryzen, mengingat 2 slot M.2 tersebut akan memiliki 1 sumber langsung dari SoC (Prosessor Ryzen) dan 1 sumber dari Chipset (AMD seri-400).

Artikel Terkait:

Share