Fez Pocket Edition Sekarang Tersedia Untuk iOS


Share

Fez, platformer dari Polytron, sekarang tersedia di iOS.

Polytron meluncurkan Fez sebagai judul Xbox Live Arcade untuk Xbox 360 pada April 2012. Indie studio dari Kanada ini lalu merilis game ini di Linux, Mac dan Windows PC, dan juga PlayStation 3, PlayStation 4 dan PlayStation Vita. BlitWorks, yang mengurus port PlayStation, juga membawa Fez ke iOS.

Phil Fish yaitu pencipta dari Fez berkata pada March 2013 bahwa game ini pada akhirnya seharusnya tersedia di setiap platform, dan bahwa porting untuk iOS sangat memungkinkan. Lalu, April kemarin, mereka mengeluarkan trailer untuk versi iOS, mengatakan bahwa versi ini akan dirilis pada 2017.

Dikutip dari Polygon, “Polytron menyatakan bahwa pengembangan untuk iOS port hanya dimulai di BlitWorks bulan April, ketika teaser dikeluarkan. Mereka mengatakan berkata bahwa timeline untuk delapan bulan dibutuhkan untuk melakukan porting dan juga optimasi untuk sebanyak mungkin perangkat.”

Versi iOS yang diketahui sebagai Fez Pocket Edition membutuhkan iOS 8.0 dan tidak didukung di perangkat yang lebih tua dari iPhone 5s atau iPad Air. Ternyata Fez didesain untuk berjalan di 16:9 widescreen aspect ratio — iPad, yang mempunyai 4:3 aspect ratio, menjalankan game ini dengan presentasi seperti letterbox, bila kita melihat dari screenshots dari versi iPad yang terdapat di iTunes.

Mengenai kontrol, Polytron mengkonfirmasi bahwa Fez Pocket Edition dimainkan menggunakan “tombol kontrol virtual,” mengatakan bahwa gesture control untuk pergerakan Gomez tidak bekerja sebaik solusi itu. Studio mereka juga mengatakan bahwa rotasi layar dikontrol menggunakan swipe, “yang kami harap akan terasa mengagumkan.”

Fez Pocket Edition tersedia untuk Rp. 75.000 pada iTunes Store. Ketika ditanyakan mengenai versi Android, Polytron menyatakan bahwa mereka belum merencanakan rilis untuk Android pada saat ini.”

Artikel Terkait: