top banner ulasan top banner ulasan

Fingerprint di Bawah Layar Semakin Dekat, Samsung sudah Memiliki Paten Pendukungnya

Samsung

Perjalanan samsung untuk membenamkan sensor fingerprint di bawah layar terus berlanjut. Seperti yang kita ketahui, Samsung meletakkan sensor fingerprint di posisi yang tergolong “unik” di kedua flagship mereka, Samsung Galaxy S8 dan Note8. Paten terbaru yang baru saja muncul ini memastikan bahwa Samsung terus melakukan riset di bidang ini.

Seperti yang diterbitkan oleh WIPO, paten yang berjudul “Metode untuk mengaktifkan Fungsi Menggunakan Fingerprint dan Perangkat Elektronik Termasuk Layar Sentuh Pada saat Bersamaan” mengilustrasikan prinsip yang sama seperti yang dipublikasikan oleh kantor paten Korea Selatan.

Selain mampu membaca dan mengautentifikasi fingerprint pada layar utama untuk membuka ponsel, detail patent menunjukkan bagaimana lokasi sentuh juga akan mempengaruhi fitur apa yang tersedia ketika ikon aplikasi ditekan. Sederhananya seperti ini, dalam aplikasi foto, kalian dapat membuka folder berbeda tergantung jari apa yang digunakan untuk membuka. Teknisnya kalian bisa menggunakan 20 jari yang ada di tubuh, 10 jari tangan dan 10 jari kaki dalam kasus ekstrem.

Fitur ini tentunya akan menjadi tambahan yang bagus karena desain smartphone sekarang mulai menuju desain bezel-free. Sehingga dengan fitur ini, tidak ada lagi penempatan fingerprint yang “unik”. Tapi sepertinya teknologi ini belum siap digunakan pada Galaxy S9. Tapi seperti yang sudah-sudah sebelumnya, pengguna Galaxy Note generasi selanjutnya sepertinya akan menikmati teknologi pertama kali.

Artikel Terkait:

Share