Machine Learning, Apa Itu dan Untuk Apa?

Machine Learning

Share

Kalau mendengar kata Artificial Intelligence kata Machine Learning pasti tidak jauh mengikuti. Seperti pada artikel Artificial Intelligence, tujuan akhir dari AI adalah membuat sebuah mesin dapat meniru perilaku otak manusia. Salah satu cara agar sebuah mesin dapat meniru otak manusia adalah dengan “belajar”, dalam kasus ini disebut “Machine Learning” karena pembelajaran dilakukan oleh sebuah mesin.

Machine Learning, sederhananya adalah sebuah bidang ilmu komputer yang memberikan komputer kemampuan untuk belajar tanpa harus diprogram secara khusus. Di sinilah yang muncul istilah “belajar sendiri”. Sebuah komputer diharapkan bisa mengambil kesimpulan dari sekian banyak data yang ada dan berusaha melakukan generalisasi data dan jika dibutuhkan dapat memanfaatkan data tersebut untuk dikaitkan dengan data lainnya. Seperti saat belajar mengenai Kimia dan kalian akan menemukan keterkaitan ilmu Kimia dengan bidang ilmu Biologi sehingga bisa menjelaskan struktur enzim dan proses kimia yang bekerja di dalam sel.

Machine Learning

Seperti manusia yang membutuhkan sumber pembelajaran untuk belajar, sebuah mesin juga membutuhkan sumber pembelajaran agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Bagaimana cara sebuah mesin dapat belajar? Tentu selain dari ilmu yang diberikan manusia, metode lainnya adalah dengan Data Mining. Sederhananya Data Mining adalah pengumpulan data dalam jumlah besar dan mengambil pola dari data tersebut. Sudah tentu metode ini tidak jauh dari metode statistik serta kualitas pembelajarannya sangat tergantung dengan sumber data yang diambil.

Dengan Machine Learning, sebuah mesin dapat memberikan hasil berbeda untuk kasus berbeda. Seperti contohnya, ada beberapa vendor yang mengklaim memasukkan teknologi AI pada kamera mereka dan berkata bahwa semakin sering kalian mengambil foto, semakin bagus hasil yang akan dihasilkan. Proses yang dilakukan dalam kasus ini adalah, setiap foto yang diambil akan dipelajari hasil yang dianggap “baik” dan semakin banyak data yang diambil, maka semakin bagus definisi “foto yang baik” dapat diberikan kepada pengguna.

Data Mining Machine Learning

Itu hanya hal kecil dari machine learning, dalam kasus di masa depan, diharapkan bahwa setiap kali kalian ingin berbelanja, sebuah website bisa langsung memberikan preferensi yang sesuai dengan keinginan setiap orang. Sehingga apa yang ditampilkan akan tepat guna. Tentu masalah mengenai data pribadi akan jadi permasalahan, mengingat perusahaan informasi besar seperti Google dan Facebook diketahui mengambil data pribadi penggunanya seperti tempat tinggal, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, dan mungkin foto yang kalian pakai sebagai avatar kalian.

Sekali lagi, penulis berusaha membuat agar Machine Learning dapat lebih mudah dipahami oleh orang awam yang tertarik di bidang yang berkaitan dengan Machine Learning.

Menjawab pertanyaan “Untuk Apa?”, sudah pasti jawabannya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Meskipun cara pengambilan data sedikit dipertanyakan.

Artikel Terkait: