top banner ulasan top banner ulasan

Nvidia Akhirnya Melepas Volta ke Konsumen dengan Titan V dengan harga $2.999

Titan V Volta

Pascal belum saja terkalahkan, Volta sudah hadir dan bisa dibeli sekarang untuk kalangan konsumer. Hari ini (8 Desember 2017), Nvidia resmi memperkenalkan “GPU Paling Powerful untuk PC yang pernah dibuat”.

Meskipun dikategorikan GPU kelas konsumer, nyatanya dengan harga $2.999 hanya sebagian kecil konsumer yang dapat memesan GPU ini. TItan V sendiri lebih berfokus pada Artificial Intelligence dan pemrosesan simulasi ilmiah. Nvidia mengklaim performa hingga 110 TeraFlops dapat dihasilkan dari 21.1 miliar transistor didalamnya. Tidak juga ketinggalan memory HBM2 12 GB disertakan dengan 5120 CUDA Core plus 640 Tensor Core yang menurut Nvidia mampu menawarkan performa 9 kali lebih baik untuk performa deep-learning dibandingkan dengan pendahulunya.

“Visi kami untuk Volta adalah untuk mendorong batas dari performa tinggi komputasi dan AI. Kami memulainya dengan arsitektur prosesor yang baru, begitu juga instruksi, format numerik, arsitektur memory, dan prosessor link,” ucap founder dan CEO Nvidia, Jensen Huang. “Dengan Titan V, kami mempersembahkan Volta kepada tangan peneliti dan ilmuan di seluruh dunia. Saya tidak sabar melihat penemuan yang akan mengubah dunia.”

Tidak ada satupun kata yang menyiratkan Volta akan menjadi GPU yang berfokus pada gaming. Arsitektur Pascal yang dimiliki Nvidia sendiri yang sudah hadir di pasar lebih dari satu setengah tahun yang lalu masih menjadi salah satu gaming GPU terbaik yang tersedia. GPU Volta sendiri sepertinya masih akan dipatok lebih mahal mengingat hingga saat ini Pascal belum menemui lawan yang sepadan.

Pada saat artikel ini dibuat, Nvidia menjual kartu ini $2.999 dan dibatasi penjualannya hanya 2 untuk setiap pembeli.

Artikel Terkait:

Share