top banner ulasan top banner ulasan

Nvidia Titan V Bisa Menambang Ethereum Hingga Lebih dari 82 MH/s

Nvidia Titan V

Sekarang kita sedang menyaksikan trend pergeseran fungsi GPU, awalnya GPU digunakan sebagai akselerator semua yang membutuhkan grafik, seperti rendering video dan bermain game, tapi sekarang fungsi tersebut ditambah lagi dengan kemampua untuk menambang mata uang digital atau yang dikenal dengan istilah cryptomining.

Nvidia Titan V juga tidak terlepas dari pertanyaan zaman now, “Ini kartu sehebat apa sih buat mining?”. Pertanyaan ini jadi pertanyaan yang pasti ditanyakan sekarang kapanpun GPU diluncurkan, dan untuk kasus ini Titan V yang akan menjawab.

Nvidia Titan V Cryptomining

HotHardware mencoba untuk menguji Titan V untuk menambang Ethereum, melihat sehebat apa sih chip berbasis Volta tersebut dapat menghadapi beban kerja seperti ini. Dalam pengujiannya, secara default Titan V dapat mencapai 69 MH/s dan saat dioverclock sedikit dapat mencapai 82 MH/s.

Titan V Ethereum Mining

Metode overclocknya sendiri tergolong sederhana, yaitu meningkatkan target suhu dan daya kemudian meningkatkan frekuensi memory hingga akhirnya bottleneck ditemukan. Kecepatan penambangan Ethereum hingga  lebih dari 82 MH/s tersebut didapatkan melalui Claymore Miner versi 10.2. Sebagai perbandingan, Titan Xp mampu mencatatkan kecepatan 37,45 MH/s sedangkan Radeon RX Vega64 dapat mencatatkan kecepatan hingga 37,72 MH/s. Titan V hampir memperoleh hasil 2 kali lipat dalam kondisi default dan lebih dari dua kali lipat dalam kondisi overclocked.

Tapi kalau kalian adalah miner, pasti sudah tahu kalau performa yang mampu dicapai sebuah kartu hanya sebuah data, sampai ada analisis ekonomi berkelanjutan. Sebut saja daya yang digunakan, biaya investasi awal, depresiasi, serta perhitungan faktor ketidakpastian harga cryptocurrency maupun kesulitan penambangan dan pastinya faktor resiko. Dengan banderol harga $2.999 untuk setiap kartu dan hanya dibatasi 2 kartu untuk setiap pembelian. Apakah mungkin kartu ini akan memiliki value lebih dibandingkan dengan kartu Radeon RX Vega yang ada sekarang ini?

Artikel Terkait:

Share