Perbaharui Client Steam Kamu untuk Menikmati Fitur Shader Pre-Caching

Steam

Share

Perbaruan terakhir untuk aplikasi game paling dikenal, Steam akhirnya membawa sebuah penambahan fitur yang akan meningkatkan kualitas bermain gamers yang menggunakan sistem operasi Linux dan Windows, yaitu “Presistent Shader Chaches for Games”. Pada log terakhir, pengguna akan dihadirkan pesan seperti berikut: “Fitur baru: Shader Pre-Caching. Kapanpun jika memungkinkan, tergantung dengan dukungan hardware dan driver, Steam dapat mendownload shader yang telah dikompilasi sebelumnya untuk video card tertentu. Fitur ini akan mengurangi waktu loading dan stuttering dalam permainan pada saat pertama kali meluncurkan game berbasis OpenGL dan Vulkan pada hadware yang didukung. Fitur ini mungkin akan menggunakan sebagian kecil bandwidth seiring Steam mengunggah dan menganalisa laporan penggunaan shader setelah permainan diluncurkan. Fitur ini dapat dimatikan pada entry baru di kotak dialog Setting.”

Pada versi terakhir dari Steam, kalian akan menemukan opsi baru Shader Pre-Caching dengan deskripsi yang menyertai: “Shader Pre-Caching memungkinkan Steam untuk mengunduh GPU shaders yang sebelumnya telah dikompilasi sesuai dengan konfigurasi sistem milikmu. Fitur ini memungkinkan game dengan Vulkan dan OpenGL untuk dibuka lebih cepat dan meningkatkan stabilitas framerate saat bermain. Jika diaktifkan, Steam akan mengumpulkan shader dari sistem milikmu saat dibutuhkan. Dengan mengaktifkan fitur ini mungkin akan terdapat sedikit peningkatan penggunaan disk dan bandwidth.”

Steam Shader Pre-Caching

Terdapat juga counter yang akan menunjukkan seberapa banyak data yang digunakan oleh fitur ini. Kalau kalian menggunakan kuota internet, fitur ini memungkinkan kalian melihat seberapa banyak data yang dikirimkan dan mungkin akan mempertimbangkan untuk mematikan fitur ini. Tapi kalau dengan mengaktifkan fitur ini dapat mengurangi waktu tunggu dan frame rate yang lebih stabil dalam permainan, tentu tidak ada salahnya bagi yang memiliki paket internet tidak terbatas untuk menikmati fitur ini.

Fitur ini bukanlah fitur yang baru karena sebenarnya masuk dalam spesifikasi DirectX 12. Tapi sekali lagi, Microsoft hanya mendukung API milik mereka dan API seperti OpenGL dan Vulkan tidak termasuk, sehingga Steam memutuskan untuk membawa fitur ini langsung ke Steam Client milik mereka.

Artikel Terkait: