top banner ulasan top banner ulasan

Smartphone Terbaik 2017 (Kaleidoskop)


Tahun 2017 jadi tahun yang cukup meriah di ranah smartphone, banyak perubahan desain yang cukup ekstreme di tahun ini. Mulai dari desain layar yang semakin besar dengan bezel super tipis, kamera ganda, serta menggunakan Type-C. langsung saja kita bahas beberapa Brand yang ternama yang mempunyai fitur cukup special.

Samsung Galaxy S8
Sudah ditebak, pertama sudah pasti adalah Samsung Galaxy S8 yang dirilis di bulan April 2017. Smartphone premium sudah pasti bertenaga, tapi yang membedakan Smartphone milik Samsung ini adalah desainnya yang tergolong baru dan unik. Menggabungkan layar dengan bezel super tipis dengan layar lengkung bisa dibilang jadi yang pertama di kelas premium.

Essential Phone
smartphone satu ini memang tidak dijual di Indonesia, tapi harus diakui mengusung desain yang baru dan unik. Ponsel ciptaan salah satu pencipta Android, Andy Rubin yang dirilis bulan agustus 2017. Mengusung desain nyaris tanpa bezel, dengan tampilan ikonik berupa kamera di tengah atas sehingga memberikan kesan seperti Cyclops yang memiliki satu mata. Desain tersebut memungkinkan rasio layar yang lebih “penuh”, tapi kalau suka menonton di smartphone, mata Cyclops alias kamera depan agak sedikit menggangu karena sedikit memotong screen.

iPhone 8
Sudah bosan ngomongin Android kita ngomongin ponsel buatan Apple terbaru. Tahun ini Apple memperkenalkan 2 jenis iPhone dengan desain yang sangat berbeda,salah satu nya iPhone 8 yang dirilis September 2017. iPhone 8, kalau tidak diukur dengan sangat teliti, memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 7. Bahkan case iPhone 7 kesayangan kalian bisa langsung dipakaikan ke iPhone 8 tanpa kendala apapun. iPhone 8 sederhananya adalah peningkatan prosessor dan kamera dari iPhone 7.

Smartphone Pixel 2
Belum secara resmi hadir di Indonesia, tapi ponsel buatan Google ini bisa jadi idola banyak Android Fans yang dirilis Oktober 2017. Oke, jadi apa kelebihannya dibandingkan dengan Smartphone Android lainnya di pasar? Bukannya semuanya sama? Ini yang jadi pembedanya, pertama Pixel 2 didesain, dikembangkan, dan dijual oleh Google. Jadi kalau kalian ingin update Android terbaru di hari pertama, Google Pixel sudah past jadi smartphone yang kalian mau. Karena dikembangkan Google, yang jadi empu dari Android, sudah pasti Pixel bakal punya “rasa” Android murni. Jangan lupa juga, ada dukungan AI yang bisa menghasilkan kualitas foto di atas rata-rata meskipun hanya memiliki satu kamera. Tapi semua itu ditebus dengan hilangnya headphone jack 3,5 mm.

Oppo F5
Kalau ngomong AI, smartphone dari Tiongkok satu ini juga punya kamera yang ditenagai oleh AI. Smartphone ini dirilis bulan Oktober 2017. Oppo yang punya tagline Selfie Expert membenamkan kemampuan AI pada kamera depannya dan mengklaim bahwa semakin sering kalian memotret “selfie” kamera akan semakin pintar dan akan menghasilkan gambar yang lebih baik setiap kali foto. Dan pada tahap ini, sepertinya desain layar penuh dengan rasio 18:9 sudah pasti dipakai Oppo.

Razer Phone
Suka main Mobile Legends atau Arena of Valor? Smartphone for Gamers by gamers dari Razer ini bernama Razer Phone yang dirilis november 2017. Sekilas desainnya yang mengkotak ini mengingatkan pada desain Sony Xperia, belum lagi penempatan fingerprint pada tombol daya juga sama persis seperti pada Sony Xperia, Balik ke Razer Phone, nah ini katanya smartphone buat Gamers, tapi apa sih yang dibutuhkan gamers? Razer Phone jadi smartphone tahun ini yang mampu menampilkan refresh rate hingga 120 Hz yang berarti tampilan UI bakal lebih smooth dan pastinya dalam game juga. Takut baterai bakal cepat habis? Ada baterai 4.000 mAh, yang kalau masih kurang tersedia teknologi Quick Charging milik Qualcomm. Kualitas Audionya juga gak main-main, menggunakan Dual Amplifiers Stereo Speaker dengan teknologi Dolby Atmos. Dan untuk para Audiophile, ada disediakan juga Type-C to Audio Jack 3.5mm yang sudah disertifikasi THX. Tapi banyak dari reviewer di luar sana yang berkata kalau kamera di smartphone ini terkesan seadanya. Untuk lebih adilnya, di halaman website resminya, Razer sendiri menulis “A Camera for Any Occasion”.

iphone X
Bintang dari iPhone sendiri pada tahun ini adalah iPhone X yang dirilis november 2017. Semua dari iPhone X bisa dibilang kontroversi. Untuk pertama kalinya, iPhone menggunakan panel AMOLED di lini iPhone. Desainnya yang nyaris tanpa bezel menjadikan iPhone Ten menggunakan desain yang sama sekali baru sejak diluncurkannya iPhone 6. Desain baru tersebut.dikombinasikan dengan teknologi pengenalan wajah untuk membuka lock screen yang Apple sebut sebagai Face ID yang akan menggantikan Touch ID, karena pada iPhone X tidak ada lagi fingerprint sensor, jadi antara membuka menggunakan muka atau menggunakan PIN seperti zaman dulu.

Artikel Terkait:

Share