Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR), Apakah Bedanya?

Virtual Reality

Share

Mungkin banyak dari kalian masih bingung antara perbedaan Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR). Penulis coba jabarkan sesederhana mungkin agar kalian bisa mengerti bedanya apa. Persamaan dari ketiganya adalah harus menggunakan alat untuk melihat secara khusus. Tapi apa perbedaannya?

Virtual Reality

Teknologi Virtual Reality (VR) mungkin jadi bintang di tahun 2017 karena akhirnya teknologi VR ini menjadi lebih terjangkau. VR secara sederhana adalah istilah untuk semua yang memiliki pengalaman immersif yang dapat dibuat murni dari tempat asli di dunia, buatan, atau gabungan keduanya. Baru saja ada game Fallout 4 VR edition yang membuat kalian berada pada dunia setelah perang termonuklir.

Augmented Reality

Sesuai namanya, Augmented Reality berarti menambah konten pada realitas. Jadi saat kalian melihat TV, akan muncul informasi tambahan mengenai yang kalian tonton. Pada saat kalian melihat bahan masakan, kalian akan melihat informasi mengenai masakan yang bisa dibuat. Permainan yang terkenal menggunakan Augmented Reality adalah Pokemon Go.

Mixed Reality

Lalu Mixed Reality sederhananya adalah menggabungkan antara dunia nyata dan virtual menjadi satu untuk membuat lingkungan baru sehingga objek fisik dan digital bisa sama-sama hadir dan berinteraksi langsung. Konsep Mixed Reality dengan Augmented Reality sangat berbeda tipis. Konsep ini adalah yang diusung oleh Microsoft melalui HoloLens milik mereka.

Perbedaan Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality

Dalam sebuah kalimat singkat, VR menghadirkan lingkungan digital yang sepenuhnya menutup interaksi dunia nyata. Augmented Reality menghadirkan kontek digital pada dunia nyata. Mixed Reality menghadirkan kontek digital yang dapat berinteraksi dengan dunia nyata.

Artikel Terkait: