WiFi Ternyata Bisa Jadi Sarana untuk Menambang BitCoin

BitCoin WiFi Starbucks

Share

Kasus ini tidak terjadi di Indonesia, melainkan pada salah satu cafe Starbucks di Buenos Aires, Argentina. Noah Dinkin selaku salah satu korban kaget saat melihat laptop miliknya dimasuki malware penambang mata uang digital saat tersambung pada WiFi yang tersedia di Starbucks.

Usut punya usut, ternyata hotspot tersebut telah dibajak oleh hacker untuk menyisipkan malware yang akan menjadikan perangkat yang terhubung menjadi mesin penambang.

WiFi Starbucks BitCoin

Berikut adalah tweet Dinkin “Hi Starbucks, tahukan bahwa penyedia WiFi cafe Anda di Buenos Aires memaksa jeda 10 detik saat pertama terhubung ke WiFi untuk menambang BitCoin dengan laptop pelanggan?”

Dinkin yang adakah seorang CEO perusahaan teknologi secara spesifik menuliskan mata uang virtual yang ditambang adalah BitCoin. Metode ini tergolong baru, memang pada beberapa situs seperti ThePirateBay sempat menjalankan program miner di komputer pengunjungnya melalui JavaScrip pada saat situs dibuka. Saat terkena jenis serangan ini, komputer akan otomatis terasa sangat pelan karena situs tersebut akan memanfaatkan sumber daya komputer untuk menambang.

Pada kasus ini, juru bicara Starbucks, Reggie Borgers mengatakan bahwa WiFi tersebut tidak dikendalikan oleh Starbuck dan tidak memiliki akses untuk mengendalikan hal tersebut. Hal ini sepertinya akan model bisnis baru seiring harga BitCoin yang semakin meningkat.

Artikel Terkait: