top banner ulasan top banner ulasan

Acer Mengumumkan Laptop Casual Gaming Nitro 5 dengan AMD Ryzen Mobile APU di CES 2018

Acer Nitro 5

Di bawah nama Nitro, Acer kembali mengumumkan laptop yang menyasar casual gamers dengan produk bernama Acer Nitro 5 di CES 2018. Varian prosessor yang digunakan Acer kali ini adalah APU RYzen Mobile yang sekarang ini sedang digembar-gemborkan. Mungkin di varian APU Mobile AMD generasi sebelumnya masih banyak yang kecewa dengan efisiensinya, tapi di APU Ryzen Mobile tahun ini sepertinya memiliki loncatan performa dibandingkan dengan generasi APU sebelumnya.

Acer Nitro 5

Acer sendiri sepertinya akan melepaskan laptop Nitro 5 yang memiliki ukuran 15-inch ini dengan harga mulai dari $799. Dengan harga seperti itu seharusnya spesifikasi yang ditawarkan akan bersaing. Pilihan prosessor yang ditawarkan adalah CPU Intel Mobile atau AMD Ryzen Mobile, RAM hingga 32 GB yang mungkin memiliki konfigurasi 2 SO-DIMM slot, GPU AMD Radeon RX 560, layar IPS berukuran 15,6 inch dengan resolusi 1920×1080 pixels, pilihan penyimpanan data hingga SSD 512 GB, dengan konektivitas USB 3.1 (generasi belum diberitahu), HDMI 2.0, Gigabit Ethernet, serta Audio dengan teknologi Dolby Audio Premium dengan Acer TrueHarmony.

Dengan harga mulai dari $799, kualitas audio mungkin biasa saja. Tapi yang menjadi menarik adalah kemungkinan kombinasi AMD Ryzen Mobile dengan GPU Radeon RX 560. Apakah konfigurasi ini akan Hybrid atau bisa berjalan bersamaan? Mengingat GPU Vega di dalamnya memiliki performa memumpuni tentu ada peluang kedua GPU yang ada bisa digunakan bersamaan, terlebih API DirectX 12 memungkinkan hal tersebut. Pasti balik lagi ke masalah pendinginannya, kalau 1 GPU saja sudah panas, tentu 2 GPU aktif bersamaan akan semakin panas.

Masalah panasnya ternyata ada software NitroSense Utility yang memugnkinkan penggunanya untuk memantau perfroma CPU dan GPU dengan CoolBoost utility yang memungkinkan untuk mengatur kecepatan kipas laptop. Laptop ini kalau dilihat spesifikasinya sebenarnya sangat bagus – pada spesifikasi tertingginya, spesifikasi terendahnya belum ditawarkan, selalu ada peluang prosessor Core i3 akan dibenamkan dalam lini tersebut.

Artikel Terkait:

Share